Prasetya Online

>

Berita UB

Isshoni Tanoshimimashou 8

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 11 Mei 2013 | Komentar : 1 | Dilihat : 6014

Pembukaan acara IT 8
Pembukaan acara IT 8

Isshoni Tanoshimimashou (IT), acara tahunan Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB)  Universitas Brawijaya (UB) untuk ke delapan kalinya kembali digelar Sabtu (11/5). Acara yang lebih dikenal dengan festival kebudayaan Jepang itu dibuka secara langsung oleh Konsulat Jendral Surabaya Drs.Noboru Nomura.

Drs. Nomura menyampaikan kepada para peserta untuk semangat dalam mempelajari bahasa. Menguasai bahasa akan mudah menguasai kebudayaan baru.

“Namun sebelum mempelajari bahasa asing, terlebih dahulu harus mengetahui secara mendalam kebudayaan sendiri, jangan melupakan budaya sendiri,” tegasnya.

Setelah menguasai kebudayaan sendiri barulah mempelajari kebudayaan lain dan dari sana bisa mengambil berbagai macam pengetahuan.

Piere Rangga sebagai Ketua Pelaksana menyampaikan acara IT yang memasuki tahun kedelapan ini mengangkat tema Japan Total Festival.

“Harapannya acara yang kami selenggarakan ini bisa secara total menghadirkan kebudayaan Jepang dengan tidak hanya kegiatan perlombaan saja tetapi kegiatan festival yang bisa membuat betah para pengunjung,” paparnya.

Agenda Isshoni Tanoshimimashou pada hari pertama diisi dengan berbagai macam perlombaan untuk siswa SMA dan umum diantaranya Lomba Cerdas Cermat Bahasa Jepang  diikuti 40 Tim, Pidato Bahasa Jepang (Benron) diikuti 15 peserta, Shodo (Seni menulis huruf Jepang) diikuti 61 peserta, Membuat Manga (Komik) diikuti 38 peserta, Karaoke Lagu Jepang diikuti 45 Peserta, Kikikakitori diikuti 100 peserta dan Fan Art (menggambar karakter anime) diikuti 41 peserta.
Selain  diisi dengan berbagai perlombaan acara ini juga dimeriahkan dengan pameran, bazar berbagai macam makanan khas Jepang, rumah hantu, Maid café dan permainan tradisional serta foto menggunakan Yukata.

Pada hari kedua (12/5) kegiatan akan diisi dengan perlombaan Cosplay yang diikuti 20 (kelompok) dan 10 (Individu)  dan Band yang diikuti 17 peserta. Selain itu acara juga akan dimeriahkan dengan arak-arkan Omikoshi, Taiko Performance dari mahasiswa Unesa, Tarian Yosakoi oleh mahasiwa Unair, Dance Cover dan Senpai 2009 Performance.

Para Pemenang

Adapun pemenang dalam IT 8 ini adalah Cerdas Cermat, Juara 1: SMAK Diponegoro Blitar, Juara 2: MA Darul Ulum Waru Sidoarjo dan Juara3: SMAN  1 Garum. Benron (Pidato Bahasa Jepang) Juara 1 : Nurul Hikmah - MAN Mojokerto, Juara 2 : Fitria Ilmi P. - SMAN MT Bojonegoro dan Juara 3 : Anna Silvia P. - SMAK Santa Maria. Manga (Menggambar Komik) Juara 1 : Risa Mariana - SMAN 7 Malang, Juara 2 : Masfiatus A. - SMAN 5 Malang dan Juara 3 : Damar Alam P. - SMAN 1 Kepanjen. Shodo (Menulis Kaligrafi Jepang) Juara 1 : M. Iqbal D. - SMAN 1 Talun, Juara 2 : Ana Bariroh - MAN 1 Blitar dan Juara 3 : Yosep Tiego Y.T. - SMAK Dipenogoro Blitar. Karaoke Kategori SMA : Juara 1 : Marseila Cosseta M. - SMA Immanuel Batu, Juara 2 : Nuansa Firgie P. - SMAN 8 Malang dan Juara 3 : Mariatina Septiana - SMAN 5 Malang. Kategori Umum : Juara 1 : Navila Arjina. Fan Art Juara 1 : Sonya Belinda dan Juara 2 Riardo Lysander. Kakikikitori (Menyimak) Juara 1 : Inasdiah Faras Fauziyah - SMAN 1 Malang, Juara 2 : Aji Nugraha - MAN 3 Malang dan Juara 3 : Lintang Suminar - SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Band Juara 1 : Curly and Straight dan Juara 2 : Escape. Cosplay Individu : Juara 1 : Jeremi dan Juara 2 : Hikari sedangkan untuk Cosplay Kelompok dimenangkan Fagmilia [rian]

Artikel terkait

Komentar

Dikirim oleh Henry Agung pada 16 Mei 2013.

Selamat malam mau tanya nih kan kemarin yg jauara umum d IT8 SMAN 5 Malang, kalu boleh tau juara apa saja ya? setau saya SMAN 5 Malang juara 2 manga dan juara 3 karaoke, selain itu apa? arigatougozaimasu :)

Kirim komentar Anda

Gunakan ID