Prasetya Online

>

Berita UB

Institut Atsiri Melakukan Kunjungan ke National Central University Taiwan

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 22 Agustus 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 335

Pertemuan perwakilan IA dengan Prof. Chin-Hang Shu
Pertemuan perwakilan IA dengan Prof. Chin-Hang Shu
Institut Atsiri melakukan kunjungan ke National Central University (NCU), Taiwan, selama empat hari (1/8-4/8/2017). Dua perwakilan Institut Atsiri (IA) yang melakukan kunjungan adalah Manajer Publikasi Ilmiah Dr. Elvina Dhiaul Iftitah, S.Si., M.Si. dan Deputi Wadir Vivi Nurhadianty, ST. MT..

Kunjungan singkat ini bertujuan untuk melakukan inisiasi Kerjasama Internasional Atsiri Universitas Brawijaya dengan Jurusan Teknik Kimia National Central University. Kerjasama yang direncanakan adalah mengembangkan keunggulan dalam biokonversi untuk produksi rasa dan aroma, perumusan produk berbasis minyak esensial untuk kosmetik atau biomedis. Diharapkan dengan adanya kunjungan ini bisa membuat rencana penelitian dan share sumber daya jangka panjang.

Pada hari pertama kunjungan kedua perwakilan IA bertemu dengan Dekan Fakultas Teknik NCU Prof. Yong-Ming Tien dan salah satu profesor yang nantinya menjadi pembicara di ICEO 2017 yaitu Prof. Chin-Hang Shu.

Pada pertemuan hari itu didapatkan hasil yaitu dukungan penuh untuk menindaklanjuti MoU antara IA dan Dept.of Chemical and Material Engineering (ChME), NCU, Kesepakatan tentang materi riset kolaborasi berdasarkan potensi masing-masing yang dimiliki oleh kedua belah pihak (IA dan ChME), serta Kunjungan laboratorium Biochemical Engineering untuk proses Biokonversi.

Hari kedua dilanjutkan dengan pertemuaan bersama salah satu Profesor di Department of Chemical and Materials Engineering (Dept. ChME) Prof. Ching-Yuan Liu dan Chairman dari Dept. ChME Prof. Tu Lee. Pada pertemuan ini didapatkan hasil kerjasama yaitu, diskusi dan kunjungan laboratorium keterkaitan bidang material engineering dengan Essential Oil, materi penelitian katalisis reaksi organik untuk konversi menjadi senyawa fine chemical dengan kemurnian enansiomer yang tinggi, spesifikasi bidang solid state untuk proses kristalisasi senyawa produk, dan komitmen untuk menjalin kerjasama melalui program innovation and incubation Center (Director : Ya-Sen Sun, Ph.D)

Hari terakhir perwakilan IA bertemu dengan Chairman Dept. ChME dan Ex Chairman Dept. ChME yaitu Prof. Tu Lee dan Prof. Chin-Hang Shu. Output dari pertemuan tersebut diharapkan bisa menghasilkan draft Letter of Agreement (LoA) untuk kerjasama riset antara IA dan Dept. ChME NCU. Kerjasama riset tersebut memiliki Topik "Biocatalytic preparation of essential oil compounds from Kaffir Lime". Aktivitas riset yang dilakukan di IA yaitu Menyediakan bahan baku, distilasi dan proses formulasi sedangkan riset yang dilakukan di Dept. ChME NCU adalah Biotransformasi, Pemisahan dan Kristalisasi.

Dari hasil kunjungan selama tiga hari, hasil yang diharapkan dari kerjasama ini adalah penambahan student berjenjang S2 dan S3 yang akan mengerjakan riset, terdapat komunikasi dengan pihak company atau industri terkait, dan keberlanjutan hasil riset dengan program berikutnya (pertukaran peneliti dan professor diantara kedua belah pihak). [Institut Atsiri/Humas UB]

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID