Prasetya Online

>

Berita UB

Hazard Analysis Critical Control Point Training

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 05 September 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 2620

Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (Himalogista) Fakultas Teknologi Pertanian, selama 3 hari, Senin (5/9) Rabu (7/9), mengadakan pelatihan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point).
Pelatihan berlangsung di gedung PPI Universitas Brawijaya, diikuti oleh 121 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan praktisi. Materi yang diberikan meliputi: Keamanan Pangan dan Prosedur Sertifikasi HACCP, Good Manufacturing Practise (GMP), Sanitation Standard Operation Procedure (SSOP), Prinsip HACCP, dan Materi Aplikasi HACCP.
Narasumber dalam pelatihan ini di antaranya Drs. Totok Sudjianto MKes dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM), beberapa akademisi dari Unibraw seperti Ella Saparianti STP MP, Prof. Ir. Hari Purnomo MAppSc Ph.D, dan Ir. Tri Wahono, serta beberapa orang praktisi seperti Ahmad Wahyudi dari PT Nestle Indonesia, Kejayan Factory, dan Ida Bagus Kade Padma auditor HACCP PT Sucofindo.
Mengawali presentasi pelatihan, Drs. Totok Sudjianto MKes, menyatakan pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki yang harus dipenuhi setiap saat. Pangan yang disajikan harus dipastikan layak dan aman untuk dikonsumsi. Pada saat ini, ratusan juta manusia tercatat pernah menderita penyakit menular dan tidak menular karena pangan tercemar baik yang disebabkan oleh mikroba, racun yang dihasilkan mikroba maupun bahaya kimia dan unsur alam.
Presentasi selanjutnya oleh Ir. Tri Wahono, dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Unibraw, antara lain menjelaskan bahwa HACCP merupakan suatu sistem pengendalian mutu yang bersifat pencegahan. Analisis bahaya dari HACCP ini menurutnya meliputi suatu kajian yang sistematis terhadap bahan baku, produk pangan, kondisi pengolahan, penanganan, penyimpanan, pengemasan, distribusi serta tahap penggunaan oleh konsumen. Ditambahkan pula, prinsip-prinsip dalam HACCP meliputi analisis bahaya, penentuan titik kendali kritis, penetapan batas-batas kritis, penentuan prosedur pemantauan, penetapan tindakan koreksi, penetapan prosedur verifikasi serta prosedur dokumentasi. [nok]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID