Prasetya Online

>

Berita UB

Gapoktan Sebagai Salah Satu Upaya Ketahanan Pangan Nasional

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 23 October 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 313

Fatur Rakhman saat Menerima Piala dalam Olinamasi 2017
Fatur Rakhman saat Menerima Piala dalam Olinamasi 2017
Jawa Timur memiliki wilayah luas yang berpotensi tinggi di bidang pertanian. Jawa Timur juga merupakan penghasil tanaman pangan terbesar dan memiliki andil dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia. Namun hal ini berbanding terbalik dengan tantangan yang dihadapi oleh para petani, seperti fenomena iklim, ketersediaan air, alih fungsi lahan dan lain sebagainya. Sehingga dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah kelompok Gapoktan yang mulai luntur.

Hal ini menjadi latar belakang disusunnya esai bertajuk "Pengoptimalan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Guna Tercipta Ketahanan Pangan", yang disusun oleh Fatur Rakhman, mahasiswa Program Vokasi Bidang Keahlian Perancangan Peraturan dan Kontrak Bisnis, Universitas Brawijaya. Pemilihan Gapoktan sebagai obyek esai, menurut Fatur, dikarenakan kelompok ini sudah mulai luntur.

"Beberapa waktu yang lalu, masih ada kelompok tani kecil yang bersama-sama membangun pertanian, mulai dari pembibitan hingga distribusi kepada pengepul. Namun saat ini sudah mulai berkurang," jelasnya.

Penguatan Gapoktan, menurut Fatur, bisa dilakukan dengan berbagai cara. "Beberapa cara bisa dilakukan seperti pendekatan oleh pemerintah atau dinas terkait kepada petani, percontohan petani, ketersediaan informasi tentang budidaya benih terbaik serta membentuk kelompok tani sebagai evaluator," ujarnya. Menurutnya, langkah-langkah ini dapat memberikan hasil tani yang maksimal serta mendukung upaya ketahanan pangan.

Karya tulis ini telah meraih juara II dalam Olimpade Sains Terapan Mahasiswa Vokasi Indonesia 2017. Kegiatan ini dilaksanakan pada 11-13 Oktober 2017 di Institut Pertanian Bogor. Selain esai ini, Vokasi UB juga meraih dua penghargaan lain, yaitu Juara I Cabang Animasi dan Juara II Cabang Piranti Cerdas dan Sistem Tertanam. [vicky/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID