Prasetya Online

>

Berita UB

GM Swiss Bell Inn Himbau Mahasiswa UB Untuk Tingkatkan Soft Skill

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 15 Mei 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 384

4126_20180515151240
4126_20180515151240
General Manager Swiss Bell Inn Malang Gunawan Tri Darma menghimbau kepada seluruh mahasiswa UB khususnya program vokasi jurusan bisnis pariwisata dan perhotelan agar mempunyai keahlian di bidang bahasa asing, penguasaan teknologi, dan computerized. Demikian dikatakannya dalam Kuliah Tamu Dahsyatnya Berkarir Di Industri Hotel, Senin (14/5/2018) di Gedung Inbis lantai 4.

Penguasaan-penguasaan tersebut yang dibutuhkan untuk mengantisipasi terjadinya gelombang 4.0 revolusi industry dan AFTA."Sekarang dunia bisnis perhotelan sudah mulai mengurangi pegawainya karena semua diganti dengan teknologi. Seperti contohnya Swiss Bell Inn Hotel sekarang sudah mulai memesan mesin check in process. Hal ini berarti petugas reception bisa tidak dibutuhkan lagi," kata Gunawan.

Gunawan menambahkan, kemajuan teknologi seperti saat ini juga semakin memudahkan masyarakat  untuk melakukan pemesanan hotel. Ada banyak aplikasi seperti Traveloka dan Agoda yang bisa melakukan reservasi hanya lewat sebuah telepon genggam.

"Dalam revolusi industri ke 4 ada transparansi sistem yang mana ketika kita buka telepon genggam bisa langsung terhubung ke seluruh dunia. Revolusi industri ke 4 ini juga ditandai dengan adanya Artificial Intelligent," katanya.

Artificial Intelligent (AI) merupakan kecerdasan buatan yang dikembangkan semenjak adanya keberadaan komputer di dunia. AI  secara garis besar merupakan kemampuan suatu benda buatan untuk berpikir logis dan mengomputasikan suatu perintah. 

"Jadi kalau anda tidak siap dari sekarang dan tidak mempunyai soft skill maka revolusi industri ke 4 bisa menjadi ancaman karena bersifat disruptive technology," katanya.

Saat ini dunia sedang memasuki abad revolusi industry ke 4. Revolusi industri generasi keempat ini ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, internet, dan big data.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Priwisata kota Malang Dra. Anirahmawiyati, M.Si mengatakan bisnis perhotelan membutuhkan banyak Sumber Daya Manusia (SDM) karena selain sebagai kota pariwisata, kota Malang sebagai kota industri dan pendidikan.

Gunawan Tri Darma dan Anirahmawiyati merupakan pembicara pada Kuliah tamu bertajuk Dahsyatnya Berkarir di Industri Hotel. Kuliah tamu tersebut merupakan praktek mata kuliah manajemen konferensi yang sedang diampu oleh mahasiswa manajemen perhotelan angkatan 2016.

Kegiatan tersebut diadakan untuk mengetahui peluang dan tantangan berkarir di dunia perhotelan.

"Kuliah tamu ini diadakan untuk mengetahui format pendidikan yang akan dibuat seperti apa? sehingga perguruan tinggi bisa mewujudkan SDM yang berkompetensi dan siap kerja," kata Ketua Program Studi Manajemen Perhotelan Pendidikan Vokasi UB A. Faidlal Rahman, SE. pAR., M.Sc. [Oky Dian/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID