Prasetya Online

>

Berita UB

Fapet Buat Antiseptic Alami Untuk Puting Sapi Perah

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 08 Desember 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 1651

BIOMASTIC Antiseptic Alami Untuk Puting Sapi
BIOMASTIC Antiseptic Alami Untuk Puting Sapi
Mastitis adalah suatu kondisi peradangan (Inflammation) pada kelenjar Mammae, akibat infiltrasi mikroba dalam puting (Teat) atau akibat adanya luka yang dapat menimbulkan peluang infeksi baik secara akut, sub akut maupun kronis. Kondisi tersebut sangat merugikan karena masititis yang terjadi pada sapi perah mudah sekali menular kepada sapi perah sehat lainnya.

BIOMASTIC (Biological Maceration Antiseptic for Avoiding Mastitic in Cow) adalah antiseptik yang alami untuk mencegah mastitis pada sapi perah. Saat ini, produk kesehatan memiliki tren untuk kembali ke alam. Melihat tren ini, Divisi Laboratorium Ternak Perah, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya diketuai oleh Dr. Ir. Puguh Surjowardojo, MP., menciptakan inovasi produk antiseptik alami berbahan dasar daun kersen (M. calabura) yang diharapkan mampu berdaya saing dengan produk konvensional teat dipping yang notabene menggunakan bahan sintetis.

Biomastic digunakan untuk mencegah infeksi mastitis pada ambing sapi perah dengan cara menyemprotkan larutan BIOMASTIC saat sebelum sapi diperah untuk membersihkan puting dan mencelupkan puting (teat-dipping) setelah pemerahan selesai secara tuntas untuk mencegah bakteri masuk puting.

Biomastic hadir dengan kemasan 500 mL dengan harga 13 ribu rupiah dan 1 liter dengan harga 26 ribu rupiah. Pasar yang dibidik adalah peternak maupun industri sapi perah dengan wilayah Malang, Blitar, dan Pasuruan. Kedepannya pasar yang dibidik akan diperluas hingga area jawa timur. [Fapet/Humas UB]

 

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID