Prasetya Online

>

Berita UB

Faiz Arsyad, Duta GenRe dari UB Kediri

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 21 Maret 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 550

Faiz Arsyad, Fakultas Pertanian Prodi Agribisnis, UB Kediri
Faiz Arsyad, Fakultas Pertanian Prodi Agribisnis, UB Kediri
"Saatnya yang muda yang berencana" begitulah jargon Duta GenRe (Generasi Berencana) yang diucapkan oleh Faiz Arsyad, mahasiswa Fakultas Pertanian Prodi Agribisnis UB Kediri angkatan 2016 yang berhasil meraih Juara 1 pemilihan Duta Genre Kota Kediri 2019. Kegiatan ini diselenggarakan pada (16/03) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kediri.

Tujuan dari diselenggarakannya ajang Duta Genre tersebut yakni untuk membentuk pemuda panutan untuk pemuda yg lain di Kota Kediri dan memberikan sebuah edukasi mengenai program generasi berencana dari BKKBN kepada para pemuda. Edukasi ini ditujukan agar para pemuda terhindar dari segala resiko Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad KRR) meliputi seksualitas, HIV/AIDS, dan Napza, karena remaja adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan untuk mengubah kehidupan yang lebih baik.

Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Faiz. Pasalnya ia menjadi salah satu perwakilan dari Universitas Brawijaya Kampus Kediri yang mampu menyisihkan 150 peserta melalui berbagai proses seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi tertulis, seleksi wawancara, karantina, dan grand final. Ia memaparkan bahwa pada bulan April mendatang Ia akan melanjutkan pemilihan Duta GenRe tingkat Jawa Timur mewakili Kediri.

Untuk menjadi Duta GenRe tingkat Jawa Timur perlu persiapan khusus yakni menyusun dan melaksanakan program kerja sebagai syarat untuk bisa mengikuti pemilihan di tingkat Jawa Timur. "Sebagai mahasiswa UB, pastinya saya akan terus berjuang agar bisa membanggakan UB sebagai almamater saya sampai tingkat nasional dan sebagai mahasiswa UB Kediri yang berdomisili di Kota Kediri sekarang, saya akan menjalankan program kerja yang saya canangkan dan saya paparkan kemarin saat proses pemilihan" ujarnya.

Program yang digagas Faiz antara lain membuat Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) yang merupakan salah satu wadah pengembangan dalam program GenRe. PIK R akan dikelola oleh, dari dan untuk remaja serta mahasiswa guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang pendewasaan usia perkawinan, delapan fungsi keluarga, TRIAD KRR, keterampilan hidup (life skills), gender dan keterampilan advokasi dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) di pusat keramaian contohnya di acara car free day, mensosialisasikan mengenai program GenRe ke sekolah-sekolah di Kota Kediri, memberikan edukasi melalui sosial media, membuat seminar umum mengenai program GenRe, serta mendirikan kampung KB. Semuanya dilakukan untuk menyongsong bonus demografi yang akan didapatkan Indonesia pada tahun 2020-2030.

Mahasiswa yang juga sedang aktif sebagai Sekretaris Jenderal DPM UB 2019 ini berpesan kepada mahasiswa UB. "Aku, Kamu, dan Kita semuanya punya tugas dan tanggung jawab yang sama untuk Indonesia yang lebih baik, terkhusus UB. Teruslah berjuang dan berprestasi agar bisa membanggakan Universitas Brawijaya. Jadilah pemuda Indonesia yang berkualitas dan tetap produktif sebagai generasi penerus bangsa"kata Faiz. [Vida/vicky/Humas UB]

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID