Prasetya Online

>

Berita UB

FTP Berkomitmen Meningkatkan Jejaring Internasional dengan Universitas Luar Negeri

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaftp pada 05 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 333

Dekan FTP (nomer lima dari kiri) Bersama Staff Dosen Mae Fah Luang University (MFU)
Dekan FTP (nomer lima dari kiri) Bersama Staff Dosen Mae Fah Luang University (MFU)
Sebagai upaya penguatan kerjasama internasional,  FTP UB menandatangani MoA dengan College of Agriculture and Life Sciences, Hankyong National University – Korea (HNU), pada (17/10/2018). Penandatanganan MoA dilakukan oleh Dekan FTP Universitas Brawijaya Dr. Sudarminto S. Yuwono dan Dekan College of Agriculture and Life Sciences Prof. Hwang Seoung-gu. Kehadiran tim dari Universitas Brawijaya yang terdiri dari Wakil Dekan I FTP (Dr. Agustin Krisna), Ketua Jurusan THP (Prof. Teti Estiasih), KPS Ilmu dan Teknologi Pangan (Dr. Erni Sofia), KPS Bioteknologi (Endrika Widyastuti, MSc), dan Sekretaris Jurusan THP (Dr. Kiki Fibrianto) diterima oleh Rektor Hankyong National University, Prof. Yim Tae-Hee, yang didampingi oleh Prof. Kim Taewan, Direktur Pasca Sarjana dan Direktur Urusan Internasional Prof. Jae-Ho An.

Dalam waktu yang hampir bersamaan yaitu pada tgl 15-17 Oktober tim FTP telah melakukan kunjungan ke dua  universitas terkemuka di Korea Selatan, yaitu Seoul National University (SNU) dan Kyungpook National University (KNU).

MoA dengan College of Agriculture and Life Sciences, Hankyong National University – Korea (HNU)
MoA dengan College of Agriculture and Life Sciences, Hankyong National University – Korea (HNU)
Tim FTP yang terdiri dari Wakil Dekan II Dr. Imam Santoso, Ketua Jurusan TIP Dr. Sucipto, Sekjur Dr. Asmau), KPS TIP Dr. Sri Suhartini dan KPS S2 Dr. Irnia Nurika diterima oleh  Dekan dan beberapa staf dari College of Agriculture and Life Sciences.

MoA juga dilakukan antara FTP dengan dua research institute yaitu Food Bio-Industry Research Institute dan BK21Plus Creative Innovative Group for Leading Future Functional Food Industry.

Sebagai tindak lanjut MoA, dimungkinkan untuk segera melakukan student exchange inbound dan outbound program exchange dari kedua belah pihak baik dari pihak Hankyong National University (HNU), Seoul National University (SNU) dan Kyungpook National University (KNU) dengan Universitas Brawijaya.

Selain itu, bentuk kerjasama yang lain seperti joint research/supervision/publication, visiting scientist, program double degree juga dimungkinkan untuk dilaksanakan. 

Dalam kegiatan tersebut dibahas pula pertemuanuntuk melakukan MoU di tingkat universitas sehingga memungkinkan semua fakultas di Universitas Brawijaya untuk memanfaatkan kerjasama tersebut.

Pada kesempatan tersebut beberapa dosen  FTP Dr. Kiki Fibrianto, Dr. Sri Suhartini, Prof Teti Estiasih dan Dr. Imam Santoso berkesempatan untuk memberikan guest lecture. Kunjungan ke beberapa industri, Techno Park dan Bio Plant juga dilakukan terkait pengembangan produk makanan dan minuman di Korea.

Setelah penandatanganan MoA dengan beberapa universitas di Korea, pada (19/10/2018), FTP melakukan inisiasi kerjasama antara FTP dengan School of Agro-industry, Mae Fah Luang University (MFU), Thailand yang dalam hal ini FTP diwakili oleh Dekan FTP dan Wakil Dekan I FTP yang diterima oleh pihak MFU yaitu Dekan School of Agro-industry, Ketua Program S1 Food Science and Technology, Ketua Program S1 Post Harvest and Technology, Ketua Program Magister Food Science and Technology dan Ketua Program Doktor Food Science and Technology.

Dari kegiatan tersebt, beberapa bentuk kerjasama seperti student exchange (inbound/outbound program), joint research, joint supervision dan program double degree juga memungkinkan untuk dilaksanakan. Kerjasama ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa maupun staf FTP baik dari sisi keilmuan maupun cara pandang serta wawasan internasional sehingga mampu mendongkrak daya saing mahasiswa serta meningkatkan kualitas SDM FTP baik di tingkat nasional maupun internasional. (akw/Humas UB)

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID