Prasetya Online

>

Berita UB

FT Unibraw Buka Information Technology & Computer Center 

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 06 Maret 2006 | Komentar : 0 | Dilihat : 2432

Menggandeng NIIT (National Institute of Information Technology), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya membuka Information Technology and Computer Center (ITCC). Pusat teknologi informasi dan komputer ini merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan profesional IT (information technology) berstandar internasional.
Kerja sama kedua lembaga ini telah ditandatangani akhir tahun 2005 (30/12), di FT Unibraw. Kegiatan pendidikan dan pelatihan dilaksanakan di Jurusan Teknik Elektro, menawarkan program profesional yang bertujuan mencetak tenaga profesional di bidang IT. Program pendidikan dan pelatihan ITCC diperuntukkan bagi mereka yang ingin membina karir di bidang IT dengan standar internasional, sesuai dengan pengembangan kurikulum dan metodologi pengajaran kualifikasi NIIT.
Hal ini didasari oleh pemikiran pada tahun 2010 dibutuhkan sekitar 350 ribu tenaga profesional IT di Indonesia. Sedangkan untuk Asia Pasifik, pada tahun 2004 dibutuhkan 21,7 juta tenaga profesional IT. Mengingat minimnya tenaga profesional IT di Indonesia saat ini, bukan tidak mungkin banyak lapangan kerja yang akan diisi oleh tenaga asing. Untuk menjawab tantangan ini, FT Unibraw membuka ITCC.
NIIT
Sementara itu NIIT sendiri merupakan salah satu lembaga pendidikan IT terbaik di dunia yang berlokasi dan berbadan hukum Belanda, berpusat di India. Lembaga ini mempunyai program internasional mengadakan pelatihan komputer di seluruh dunia (di luar India). Berkembang sejak tahun 1981, dan merupakan mitra terbaik Microsoft dalam pelatihan di Asia, yang telah beraliansi dengan Microsoft, Lotus, Computer Associates, Sun Microsystem, Citrix, IBM, dan Oracle. NIIT telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di segala bidang IT (pengembangan software, training dan pendidikan, multimedia, R&D, dll) yang menerapkan Futurz Technology Curriculum (FTC). Kurikulum NIIT merupakan kombinasi yang unik antara core concept, software engineering, dan key technology.
NIIT tidak hanya membantu siswa menjadi profesional di bidang IT, tetapi juga membantu memunculkan potensi yang tersembunyi untuk memperoleh kemampuan dan ketrampilan dalam bekerja. Sehingga apa yang dipelajari di NIIT merupakan penerapan dari praktek di dunia kerja yang sebenarnya. NIIT telah menghasilkan lebih dari 3,5 juta profesional dari 3800 cabang yang tersebar di 44 negara di dunia untuk berkarir di berbagai bidang IT.
Keunggulan
Berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang IT, NIIT mempunyai beberapa keunggulan: merupakan lembaga pendidikan IT yang bersifat global dan memiliki lebih dari 3800 pusat di 44 negara di dunia, telah melatih lebih dari 3,5 juta siswa di seluruh dunia, memiliki aliansi dengan universitas ternama di luar negeri, waralaba (franchise) pelatihan IT terbaik, perusahaan pendidikan nomor satu di Asia dan masuk dalam 15 besar IDC di seluruh dunia, mendapatkan ISO 9001 untuk pengembangan kurikulum, masuk dalam Guiness Book of Record, kapabilitas pengembangan software NUT mendapatkan level 5 SEI CMM (level tertinggi dalam pengembangan software), dan mitra pelatihan terbaik Microsoft di Asia.
Program pendidikan
Sementara itu ITCC-FT Unibraw menyelenggarakan program pendidikan berstandar internasional, yakni: Certificate in IT (CIT) yang dapat ditempuh dalam 6 bulan; Honours Diploma in IT (HIT) dalam 1 tahun; dan Professional Diploma in IT (PIT) dalam 2 tahun. Setelah menyelesaikan 4 semester, lulusan ITCC dapat melanjutkan studi ke program S1 atau S2 universitas ternama di dunia tanpa tes masuk, antara lain: Auckland Institute of Studies, St Helens (New Zealand), Bolton University (UK), Deakin International, Melbourne (Australia), Dundalk Institute of  Technology (Ireland); RMIT University, Melbourne, (Australia), Southern New Hampshire University (USA), University of Canberra, (Australia), University of Northumbria, Newcastle (UK), Uni-versity of South Australia (Australia), University of Sunderland, (UK), dan University of Winnipeg (Canada).
Beasiswa
ITCC-FT Unibraw telah membuka penawaran program beasiswa gelombang pertama pada 6 Maret 2006. Sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan 6 April 2006. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut ITCC-FT Unibraw membuka pelayanan di Gedung 2 Teknik Elektro, FT Unibraw, dengan nomor telepon 0341-559500 atau 0341 587710 pesawat 229, website: www.itcc.brawijaya.ac.id, email: itcc@brawijaya. ac.id. [hnw]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID