Prasetya Online

>

Berita UB

FT-UB Siap Selenggarakan Program Profesi Insinyur

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 23 Januari 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 702

Dekan FT UB Saat Membuka  Workshop Persiapan Penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI)
Dekan FT UB Saat Membuka Workshop Persiapan Penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI)
Berkembangnya dunia keinsinyuran menuntut Sarjana Teknik Indonesia untuk menjadi sumber daya profesional. Untuk memenuhi kebutuhan jumlah sarjana teknik yang bergelar insinyur, maka Pemerintah Republik Indonesia melalui Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang berada di bawah Kemenristekdikti memberikan mandat kepada 40 perguruan tinggi untuk menyelenggarakan Program Profesi Insinyur.

Memenuhi mandat itu, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) menyelenggarakan Workshop Persiapan Penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) pada Senin, (22/01/2018). Sebagai lingkup dari amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran, PSPPI merupakan upaya pemerintah mempercepat terciptanya tenaga insinyur Indonesia yang mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki etika profesi serta kualifikasi sesuai standar sertifikasi dalam waktu yang mendesak.

Hadir dalam acara ini, Dekan FT-UB Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono MT., Ketua PSPPI Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D, Perwakilan Persatuan Insinyur Indonesia Malang, dan segenap undangan baik dari lingkungan UB maupun Ketua Penyelenggara PSPPI di lingkungan Malang Raya; Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Institut Teknologi Nasional, Malang. Diundang sebagai pembicara pada workshop ini, Ketua Tim Ahli Keinsinyuran Menristek Dikti Prof. Dr. Ir. Djoko Santosa M.Sc., IPU.

Acara dibuka oleh Dekan dan diikuti dengan paparan sekaligus tanya jawab yang dimoderatori langsung oleh Ketua PSPPI UB, Ludfi Ph.D. Ia mengungkapkan bahwa tujuannya menyelenggarakan acara ini adalah untuk mempersiapkan PSPPI ini sematang-matangnya untuk menyambut mahasiswa baru yang akan bergabung di semester gasal 2018 nanti.

"Alhamdulillah, setelah mengalami berbagai macam ujian, PSPPI UB akhirnya mendapat ijinnya bertepatan dengan ulang tahun FT-UB ke-54 yaitu tanggal 23 Oktober 2017 lalu. Agar persiapan lebih matang, kami mengundang Prof. Djoko untuk memberikan wawasan dan kiat-kiat bagaimana menjalankan program ini," ujar Ludfi sebelum mempersilahkan Guru Besar ITB itu untuk memberikan paparan.
Dalam paparannya Prof Djoko memberikan gambaran apa saja yang harus dipersiapkan baik dari segi kurikulum, SDM, dan sarana prasarana seperti apa yang sebaiknya disusun. Ia juga memberikan materi mengenai bagaimana mempersiapkan perguruan tinggi agar bisa berperan aktif dalam menghasilkan SDM keinsinyuran untuk berkompetisi dan kolaborasi. Materi oleh Prof Djoko dapat di download disini.

Setelah paparan oleh Prof Djoko acara dilanjutkan dengan tanya jawab acara ditutup kembali oleh Dekan FT-UB. "Saya lihat masih banyak yang ingin bertanya, mungkin melalui mekasnime komunikasi yang lain masih bisa ditindaklanjuti. Semoga selepas acara ini Pak Ludfi selaku ketua PSPPI UB masih tetap bisa bersinergi dengan penyelenggara PSPPI di Malang Raya untuk memberikan kemudahan sehingga para mahasiswa yang terdaftar bisa mendapatkan banyak manfaat. Tak lupa kami ucapkan terimakasih pada Prof Djoko, para undangan, dan panitia yang sudah meluangkan waktu untuk acara ini," ujar Dr. Pitojo sebelum acara ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah. [miko/vicky/Humas UB]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID