FT Bersiap untuk PIMNAS 31

Dikirim oleh prasetyaFT pada 15 Mei 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 185

Sosialisasi, Pendampingan, dan MONEV PKM menjelang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018
Sosialisasi, Pendampingan, dan MONEV PKM menjelang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018
Setelah mengadakan kegiatan Pra Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Kamis, (26 /4/2018), Bagian Kemahasiswaan Fakultas Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB), Selasa (15/5/2018) kembali mengumpulkan 19 kelompok PKM yang lolos didanai DIKTI 2018 di Auditorium Prof. Ir. Suryono. Ratusan mahasiswa angkatan 2017 ini dikumpulkan dalam rangka Sosialisasi, Pendampingan, dan MONEV PKM menjelang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018 mendatang.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr.Eng Denny Widhiyanuriyawan, ST MT menyampaikan bahwa untuk menghadapi PIMNAS tahun ini FTUB akan mengadakan bootcamp untuk peserta. Hal ini kembali diutarakan oleh perwakilannya, Redi Bintaro ST, M.Eng, Pract pada sambutannya hari ini.

“Agar peserta lebih fokus dan siap pada PIMNAS mendatang, Kemahasiswaan FTUB akan mengadakan bootcamp yang inshaaAllah akan dilaksanakan pada 26-28 Juni di Lawang. Harapannya mahasiswa tinggal melenggang saja ke PIMNAS karena persiapan sudah matang," ujar Redi yang juga merupakan Dosen Juri pada kegiatan ini.

Ia juga menambahkan, di bootcamp ini mahasiswa yang lolos pendanaan akan dibina baik dari segi perbaikan karya ilmiah, motivasi, pembentukan karakter, maupun rohani. Peserta juga akan diberi checklist yang berisi poin-poin yang harus dipenuhi dan dikoordinasikan oleh dosen pembimbing sebelum pelaksanaan PIMNAS 2018.

Kegiatan ini terbagi dalam beberapa kegiatan diantaranya pemberian materi seputar tips & trick pembuatan poster PIMNAS,  sharing session, dan pelatihan presentasi dengan tiga dosen juri yaitu Eko Andi Suryo ST. MT. Ph.D., Eka Maulana ST, MT, M.Eng, dan Redi Bintarto.

Turut hadir pada kegiatan ini, Dekan FTUB Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT, jajaran Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan di lingkungan UB, pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTUB, dan segenap staff Bagian Kemahasiswaan FTUB. Pada sambutannya saat membuka acara, Dr Pitojo menyampaikan dukungannya untuk persiapan PIMNAS 31 mendatang.

"Dengan prestasi kita pada Rektor Cup yang lalu, FT melalui Bagian Kemahasiswaan dan BEM akan memberikan dukungan sepenuhnya. Manfaatkan dengan baik! Tahun ini, dari 65 proposal yang terkirim terdapat 19 proposal yang berhasil di danai. Harapan kami paling tidak lima sampai tujuh proposal bisa lolos ke PIMNAS," harapnya.

Ia juga menambahkan, meski rival juga tidak tinggal diam menghadapi PIMNAS, harus tetap optimis agar bisa memberikan yang terbaik. Dengan persiapan yang matang, memiliki kepercayaan diri dan motivasi yang baik diharapkan dapat menjadi titik tolak untuk memberikan sumbangsih prestasi bagi UB.

"Saya kira perlu ada mimpi dari mahasiswa, kemudian akan muncul cita-cita ada kreativitas disana, dan ada keyakinan. Saya pikir dengan adanya sedikit sentuhan, pembinaan, motivasi, dan kejelian dalam mengambil tema maka peluang kita mengang di PIMNAS akan terbuka,” tuturnya sebelum membuka acara.

Setelah mendapat pengarahan dan materi, ke-19 tim dibagi menjadi dua kelompok. Secara bergantian mereka melakukan diskusi sekaligus sharing session di Auditorium, dan praktik presentasi di depan ketiga dosen juri di ruang kuliah lantai 5 Gedung FTUB. (mic/Humas UB)