FMIPA Gelar Diklat SEM dan PLS

Dikirim oleh prasetya1 pada 18 September 2006 | Komentar : 0 | Dilihat : 2637

Penelitian di bidang manajemen, akuntansi, ilmu sosial, administrasi bisnis, psikologi, dan bidang lain, belakangan cenderung didekati dengan sistem. Umumnya melibatkan multivariabel, multihubungan dan berjenjang. Agar hasil penelitian bersifat komprehensif, diperlukan suatu metode analisis data yang terintegrasi dan simultan.
Structural Equation Modeling (SEM) merupakan multivariate analysis yang mempunyai kemampuan dan keunggulan untuk menganalisis model yang bersifat multivariabel, multihubungan dan berjenjang secara simultan. Namun banyak penelitian yang tidak bisa memenuhi diaplikasikanya SEM, sehingga Partial Least Square (PLS) merupakan metode yang dapat digunakan.
Berangkat dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan calon peneliti dan peneliti dalam menyelesaikan permasalahan penelitian yang bersifat multivariabel dan multihubungan, di mana variabel yang terlibat bersifat laten, dengan menerapkan PLS dan SEM di dalam berbagai macam permasalahan penelitian, agar dapat mengaplikasikan software AMOS dan SmartPLS serta bagaimana mengoperasikannya dan menginterpretasi hasil, jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya menyelenggarakan Diklat  Pemodelan Persamaan Struktural Pendekatan PLS dan SEM: Aplikasi Software SmartPLS dan AMOS 6 pada 18-20 September 2006.
Materi diklat yang dibahas meliputi: Pengantar Multivariate Analysis, Analisis Path, Confirmatory Factor Analysis dan Principal Component Analysis (measurement model), pengujian reliabilitas dan validitas instrumen penelitian, Structural Equation Modeling, Partial Least Square, serta Aplikasi AMOS dan Smart PLS.
Para peserta diklat adalah pengguna metode kuantitatif yaitu dosen, peneliti, mahasiswa, wirausahawan, dan lain-lain.
Narasumber/instruktur terdiri dari Dr Ir Solimun MS, Nurjannah SSi, dan Adji Achmad Rinaldo SSi. [nik]