Prasetya Online

>

Berita UB

FK UB Gelar Prosesi Sumpah Dokter

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 16 Mei 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 718

Sebanyak 97 Mahasiswa FK UB Diambil Sumpahnya
Sebanyak 97 Mahasiswa FK UB Diambil Sumpahnya
Sebanyak 97 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) melaksanakan prosesi sumpah dengan dihadiri oleh Dekan FK UB Dr. dr. Wisnu Barlianto, M.Si, Med, SpA (K), perwakilan Ikatan Alumni FK UB dr. Sadi Hariono, MMRS., serta Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSSA Malang dr Hanief Noersjahdu, Sp.S, beserta para rohaniawan beberapa waktu lalu.

Hanief Noersjahdu mengatakan Sumpah dokter yang telah diucapkan bukanlah akhir dari proses pendidikan sebab proses belajar sebenarnya ada pada praktek nyata seorang dokter.

"Jadilah dokter yang professional yang peka terhadap permasalahan di masyarakat, taati aturan yang berlaku, dan senantiasa menjunjung tinggi keselamatan pasien," kata Hanief.Sementara itu, Wisnu Barlianto menyampaikan bahwa tantangan baru yang akan dihadapi para dokter adalah revolusi industri 4.0 yang menggabungkan dunia fisik, digital, dan fundamental yang dalam perkembangannya akan sangat berdampak pada sektor kesehatan dan bioteknologi.

"Pada era ini tidak hanya cukup menguasai kemampuan literasi, membaca, menulis dan berhitung, tetapi juga dituntut untuk dapat menguasai  pengelolaan  data menggunakan digital dan penggunaan aplikasi teknologi. Jangan sampai gaptek (gagap teknologi), sebab mesin tidak akan bisa menggantikan pelayanan manusia dengan menggunakan  rasa kemanusiaan, seperti empati dan simpati yang harus diterapkan oleh tenaga medis,khususnya dokter kepada para pasien,"ujarnya. 

Senada dengan Wisnu, perwakilan Ikatan Alumni FK UB Sadi Hariono menambahkan menerapkan komunikasi yang baik dengan pasien dna keluarganya akan menumbuhkan rasa percaya diri mereka kepada dokter yang bersangkutan.

"Jangan ragu untuk mengabdikan diri ke ke pelosok Indonesia karena tenaga medis sangat dibutuhkan. Miliki culture competen agar anda dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru," kata Sadi. [Vida/Humas UB]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID