Prasetya Online

>

Berita UB

FK UB Adakan Ujian Disertasi Yuli Nugraeni

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 12 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 320

Yuli Nugraeni Bersama Tim Penguji
Yuli Nugraeni Bersama Tim Penguji
Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mengadakan ujian disertasi Yuli Nugraeni di Auditorium Gedung A Pusat Pendidikan FKUB, Selasa (10/7/2018).

Yuli Nugraeni yang diuji oleh Prof. Dr. dr. Respati S. Drajat, SpOT (K), Prof. Dr. dr. Edi Widjajanto, MS., SpPK (K), Dr. drg. Nur Permatasari, MS,  Prof. Dr. drh Aula'niam, DMM.,DES, Dr. drg. M. Choir., SU., SpKGA, Prof. Drg. Coen Pramono D., SU., SpBMM(K) ini mengangkat judul "Potensi Aloe Vera Gel dalam Meningkatkan Regenerasi Ligament Periodental pada Replantasi Gigi Tikus (Rattus Novergicus) Strain Wistar"

Dalam disertasinya, Yuli menjelaskan aloe vera gel telah digunakan sebagai pengobatan yang juga banyak diaplikasikan dalam bidang kedokteran gigi. Hal tersebut sangat membantu dalam pengobatan penyakit radang gusi, periodontitis, dan dapat mengurangi pendarahan serta pembengkakan pada gusi. Aloe vera juga telah digunakan dalam perawatan saluran alat sebagai dressing dan pelumas dinding saluran akar serta sebagai media penyimpanan gigi avuisi.

Keberhasilan suatu perawatan trauma gigi avuisi adalah mengembalikan pelekatan dan regenerasi jaringan ligamen periodental (PDL). Saat ini pendekatan terapi dilakukan melalui konsep teknik rekayasa  jaringan yang dikenal dengan istilah "tissue engineering", yaitu suatu bahan dibangun di laboratorium kemudian ditanamkan kembali ke defek luka. Konsep tersebut mengasumsikan bahwa hanya sel - sel fibroblast atau sel undeffrentiated mesenchymal dari ligamen periodental (PDLSC) yang memiliki potensi untuk menciptakan kembali perlekatan periodental.

Yuli menambahkan, potensi gel aloe vera yang diaplikasikan dengan variabel dan melalui   jalur sinyaling yang sesuai dapat menumbuhkan jaringan baru yang diharapkan, serta sebagai terapi alternatif untuk meningkatkan regenerasi jaringan PDL pada kasus trauma avuisi.

Pemberian aloe vera gel terbukti dapat digunakan sebagai model yang baik dan tren baru sebagai tissue regenaration. Komposisi bahan aktifnya telah terbuki dapat menurunkan inflamasi dan menstimulasi growth factor dalam regenarasi PDLSC pada replantasi gigi tikus rattus novergicus

"Hal ini merupakan langkah awal yang dapat menjadi aplikasi pada pemilihan spesifik molekul adhesi untuk penyembuhan dan perbaikan jaringan periodontal pada umumnya dan trauma auisi gigi khususnya,"kata Yuli.[Dinda/Humas UB]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID