Prasetya Online

>

Berita UB

FISHDIC FPIK UB Gelar Sekolah Edukasi Pesisir

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 01 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 344

Siswa Siswi SDN Ai Bari Antusias Dalam Melaksanakan Lomba Mewarna
Siswa Siswi SDN Ai Bari Antusias Dalam Melaksanakan Lomba Mewarna
Fishery Diving Club (FISHDIC) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UB mengadakan kegiatan sekolah edukasi pesisir di dusun Ai Bari Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan yang masih merupakan rangkaian dari Ekspedisi Charcarias I tersebut terdiri dari games puzzle, lomba mewarnai, pemberian buku dan kaca mata renang kepada pihak sekolah, presentasi mengenai biota-biota laut, dan mengajak anak-anak SDN Ai Bari untuk Beach Clean Up.

Buku-buku yang diberikan merupakan hasil donasi dari teman-teman mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.

Pemberian kaca mata renang kepada pihak sekolah bertujuan agar siswa-siswi SDN Ai Bari dapat mempelajari biota laut dengan melihat secara langsung bagaimana bentuk dan tingkah lakunya.

Ketua FISHDIC FPIK UB Aura Rinjani mengatakan SDN Ai Bari dipilih karena Siswa SDN Ai Bari sebagian besar terdiri dari anak para nelayan.

SDN Ai Bari adalah satu-satunya Sekolah Dasar yang berada di kawasan Dusun Ai Bari.
"Guru-guru SDN Ai Bari berasal dari daerah yang berbeda, bahkan ada salah satu guru yang jarak rumahnya ke dusun Ai Bari sekitar 30 menit naik sepeda motor. Fasilitas yang ada di SDN Ai Bari masih sangat minim. Perhatian pemerintah terhadap daerah-daerah pesisir juga masih sangat kurang,"kata Aura.

Aura menambahkan sekolah edukasi pesisir ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa seputar biota-biota laut dan menanamkan kepedulian kepada mereka untuk menjaga, melestarikan, memelihara keanekaragaman makhluk hidup dan lingkungannya.

Ekspedisi Carcharias merupakan kegiatan penjelajahan yang dilakukan oleh mahasiswa Fishery Diving Club (FISHDIC) FPIK UB untuk mengeksplore pulau-pulau terpencil yang ada di Indonesia. Sesuai namanya Carcharias yang diambil dari spesies ikan hiu, ekspedisi ini diharapkan mampu berkelanjutan dan kuat.

Rangkaian Kegiatan Ekspedisi Carcharias I antaralain upacara Sumpah Pemuda bawah laut di kawasan Pulau Moyo,Sumbawa, Nusa Tenggara Barat .

Ada tiga bidang yang diangkat dalam kegiatan Ekspedisi Carcharias tersebut, yaitu pertama bidang penelitian, kedua bidang pemeliharaan lingkungan, ketiga bidang pendidikan, keempat pengembangan potensi wisata, dan kelima membuat proyek after movie.[Aura/Humas UB] 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID