Prasetya Online

>

Berita UB

FIB UB Menggelar International Conference on Japanese Studies (ICJS) Bersama 5 Negara

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 22 September 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 469

1436_20170922154148
1436_20170922154148

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan tahunan International Conference on Japanese Studies (ICJS). ICJS adalah kegiatan rutin Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia (ASPBJI) bekerjasama dengan Japan Foundation Jakarta. Sedangkan penyelenggaranya adalah masing-masing universitas yang berkenan untuk menjadi tuan rumah.

Latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah jumlah pembelajar bahasa Jepang di Indonesia terbanyak kedua setelah di Cina. Jadi, pendidikan bahasa Jepang di Indonesia sangat berkembang dan perlu diadakan pertemuan-pertemuan rutin untuk membahas penelitian-penelitian mengenai keJepangan, baik dalam hal bahasa, pendidikan, budaya, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan Jepang.

ICJS dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yaitu pada hari Jumat, tanggal 25 Agustus 2017 jam 08.30 - 16.00 WIB dan hari Sabtu, tanggal 26 Agustus 2017 jam 08.00 - 12.00 WIB. Bertempat seluruh Lantai 2 Gedung A FIB UB yang meliputi Ruang Alua dan ruang kelas untuk paralel session.

Tema ICJS kali ini adalah ICT Based Japanese Language Learning yang berarti Pembelajaran Bahasa Jepang yang berbasis pada ICT (information Communication Technology). Acara tersebut dihadiri universitas-universitas baik dari dalam maupun luar negeri. Ada 5 keynote speakers dari 5 negara penyelenggara yaitu Dr. Tomohisa Yamada dari Hokkaido University (Jepang), Dr. H. Agus S. Suryadimulya, M.A. dari Universitas Padjajaran (Indonesia), Dr. Zaid Bin Mohd Zin dari Universiti Putra Malaysia (Malaysia), Malaykham Sayakone, Ph.D. dari National University of Laos (Laos), Tasanee Metaphisit, M.A. dari Thammasat University (Thailand). Selain itu juga ada pemateri dari beberapa universitas di Jepang antara lain dari Nagasaki University, Tokyo University Foreign Language, Rikkyo University, dan Nagoya University. Ada sekitar 18 universitas se-Indonesia juga yang mewakili hadir menjadi pemakalah maupun peserta. Jadi pada ICJS tersebut ada 60 pemakalah, dan 120 peserta.

 "Harapan kedepannya dari pelaksanaan ini semoga tetap tersambung dengan kegiatan-kegiatan seminar yang lainnya. Karena tahun depan rencananya akan diadakan di Universitas komputer Indonesia, Bandung. Namun tahun depan juga ada pelaksanaan konferensi  internasional sedunia, yang sebelumnya dilaksanakan di Bali, saya juga menjadi pemakalah dan presenter disana dengan peserta 1000 orang, tahun depan akan diadakan di Venesia, Italia dan saya akan hadir disana" ungkap Ismatul Khasanah, M.Ed., Ph.D, Ketua Jurusan FIB UB, selaku ketua pelaksana ICJS 2017. [DT/MSH/PSIK FIB/Humas UB] 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID