Prasetya Online

>

Berita UB

FIB UB Ikuti Program Capacity Building Japan Fondation 2019

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 26 Maret 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 559

Mahasiswa dan Dosen UB Ikuti Program Capacity Building Japan Fondation 2019
Mahasiswa dan Dosen UB Ikuti Program Capacity Building Japan Fondation 2019

Program Capacity Building yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation Kansai - Osaka Jepang, telah berlangsung sejak tahun 2014. Pada tahun 2019 ini, The Japan Foundation menyelenggarakan sebuah program yang disebut dengan "Japanese Language Education Capacity Building South East Asia Japanese Teacher Training Collage in Osaka Japan." Kegiatan ini dilakukan di kampus Kansai, Osaka, Jepang.

Pada tahun ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) mengirimkan satu orang dosen yaitu Rike Febriyanti, M.A. dan satu orang mahasiswa yaitu Pratama Hanan Alfarisi. Program ini berlangsung selama 40 hari.

Dalam program ini mereka belajar bahasa Jepang dengan menggunakan JF Standard, sedangkan para dosen belajar menilai dengan JF standard.

JF Standard adalah standar yang dibuat berdasarkan CEFRS atau disebut sebagai standar kemampuan bahasa Jepang yang dibuat oleh The Japan Foundation. JF Standard digunakan sebagai media untuk membantu berpikir tentang pengajaran, pembelajaran, dan penilaian dalam bahasa Jepang.  

Tujuan dalam program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang sehingga dapat membangun kepercayaan diri ketika suatu saat dihadapkan pada situasi menggunakan bahasa Jepang dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat Jepang yang sesungguhnya.

Terdapat beberapa sesi acara dalam kegiatan ini, antaralain kelas pemahaman sosial budaya, diskusi mengenai perkembangan budaya dan masyarakat Jepang, kelas pidato, kelas budaya pengenalan budaya Jepang, pengenalan budaya Indonesia kepada siswa Jepang, serta kelas variasi yang membahas tentang e-learning dalam pengajaran bahasa Jepang. 

Selain itu, dalam program ini siswa dan dosen berinteraksi dengan berbagai kalangan untuk melakukan diskusi, mulai dari siswa SD, SMP, mahasiswa, serta penduduk disekitar. Semoga program ini tetap berlanjut dan semakin banyak siswa yang mendapatakan kesempatan untuk mengikutinya. (PS.PBJep/YI/DT/PSIK FIB/Humas UB)

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID