Prasetya Online

>

Berita UB

FGD Kemenlu : Optimalkan Hubungan Kerjasama RI-RRT

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 26 September 2014 | Komentar : 0 | Dilihat : 4710

Soegeng Rahardjo, Duta Besar Indonesia untuk RRT
Soegeng Rahardjo, Duta Besar Indonesia untuk RRT
Universitas Brawijaya (UB) menjadi tuan rumah dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengimplementasian Kemitraan Komprehensif Strategi RI - RRT. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementria Luar Negeri Republik Indonesia bekerja sama dengan Kedutaan Besar RRT untuk Indonesia pada Kamis (25/9) di Ruang Sidang Rektorat, Universitas Brawijaya.

Dalam pertemuan tersebut membahas kerja sama antara Republik Indonesia (RI) dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dalam berbagai bidang. Rektor UB yang diwakili oleh Ketua International Office, Prof. Dr. Ir. Ifar Subagyo, M.Agr.St, menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini. "China merupakan salah satu kekuatan dunia di bidang ekonomi dan politik, sudah banyak juga kerjasama antara RI dan RRT dalam bidang ekonomi, pariwisata dan pendidikan", ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Xu Liping, peneliti dari NISS-CASS, Beijing, Soegeng Raharjo selaku Duta Besar Indonesia untuk Bejing, Dekan dan Ketua Program di lingkungan, perwakilan Lembaga Sosial Masyarakat, perwakilan Pemerintah Kota Malang, dan perwakilan mahasiswa. Menurut Soegeng, kerjasama dengan RRT di bidang pendidikan dapat diperkuat. "Beasiswa pendidikan di China belum terlalu dilirik pelajar Indonesia, terbukti dari 13 ribu mahasiswa yang kuliah di RRT hanya sekitar 20 persen atau sekitar 2600 yang memanfaatkan biaya dari pemerintah", ujarnya. Hal ini, menurut Soegeng, karena pelajar Indonesia masih berkiblat pada ke dunia barat seperti Australia dan Amerika. "Padahal pendidikan di RRT tidak kalah dengan negara barat, bahkan sekarang Tiongkok sudah menjadi market leader didunia, hampir mengalahkan Amerika dan mungkin 10 tahun ke depan bahasa Internasional kita adalah bahasa Mandarin", ujar Soegeng. [vicky/ella]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID