Prasetya Online

>

Berita UB

FEB Selenggarakan Konferensi Nasional Kewirausahaan III

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 17 September 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 4531

Konferensi Nasional Kewirausahaan III dibuka Dekan FEB, Gugus Irianto, SE. MSA. PhD.
Konferensi Nasional Kewirausahaan III dibuka Dekan FEB, Gugus Irianto, SE. MSA. PhD.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) selama dua hari, Senin-Selasa (17-18/9) menyelenggarakan Konferensi Nasional Kewirausahaan III bertemakan Pengembangan Kewirausahaan: Masa Lalu, Sekarang dan Yang Akan Datang. Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Pasca FEB lantai tujuh itu dibuka secara langsung oleh Dekan FEB, Gugus Irianto, SE. MSA. PhD.

Sebelumnya Ketua Program  S1, S2  dan S3 Manajemen juga memberikan sambutannya membahas tentang kewirausahaan. Dr. Fatchur Rohman, SE., M.Si. sebagai  Ketua Program S1 menyampaikan pengenalan kewirausahaan sudah disampaikan kepada mahasiswa melalui mata kuliah kewirausahaan dan diberikan fasilitas untuk praktik. Hal ini sejalan dengan visi UB menjadi World Class Entrepreneurial University (WCEU).

“Selain itu mahasiswa juga diberikan kuliah tamu kewirausahaan dengan menghadirkan tokoh maupun alumni yang memiliki usaha sendiri,” paparnya.

Dr. Noermijati, SE., MTM. menyampaikan bahwa untuk menciptakan wirausaha tidak lepas dari peran perguruan tinggim sehingga perlu ada mata kuliah dan praktik secara langsung ketika dalam proses perkuliahan.

“Saat ini juga organisasi bisnis menyadari pentingnya karyawan memiliki jiwa kewirausahaan setelah melihat kegagalan manajemen ekonomi yang tidak mementingkan nilai intrapreneurship,” papar Ketua Program S2 Manajemen itu.

Sedangkan Ketua Program S3 Prof. Dr. Armanu Toyib, SE.,M.Sc menyampaikan kewirausahaan merupakan proses pembelajaran yang berhubungan dengan pendidikan dan bisa mempengaruhi budaya di dalam suatu organisasi.

“Seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan dan telah membuktikan usahanya sukses patut mendapatkan penghargaan hal ini telah dilakukan FEB dengan memberikan kausa kepada Jusuf Kalla  pada tahun 2011 lalu,” tuturnya.

Gugus Irianto, SE. MSA. PhD sebagai Dekan FEB UB memaparkan apabila ingin menerapkan nilai kewirausahaan kita bisa mencontoh prinsip 3N Ki Hajar Dewantara yaitu Niteni (mengamati), Niroke (meniru) dan Nambahi (modifikasi).

“Kita bisa melakukan riset sebelum memulai usaha kemudian menerapkan cara yang sama dengan melakukan modifikasi terlebih dahulu,” pungkasnya.

Pada hari pertama acara diisi presentasi paper dan sidang pleno sedangkan pada hari kedua akan diisi dengan menghadirkan keynote speaker diantaranya Dr. Ir. Fahriansyah HB, MM (Asisten Manajer Layanan Operasi Pertamina EP-Tanjung), Dr. Ir. Hendra Iesmana, MM.,M.Si (Pimpinan PT Bekasi Fajar Industrial Estate), Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si., (Bupati  Gianyar) dan Drs. H. Mudaffar Sjah, M.Si (Sultan Ternate). [rian]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID