Prasetya Online

>

Berita UB

Expo PKM Fakultas Kedokteran untuk Persiapan PIMNAS 2018

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ireneparamita pada 13 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 298

Wakil Rektor III dan Wakil Dekan III mengunjungi salah satu stan expo PKM FK-UB
Wakil Rektor III dan Wakil Dekan III mengunjungi salah satu stan expo PKM FK-UB
Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB) menyelenggarakan Expo Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Jumat (13/7/2018). Kegiatan yang dilaksanakan di Graha Medika ini dilakukan dalam rangka merpersiapkan mahasiswa FK menuju monitoring dan evaluasi (monev) internal dan eksternal PKM agar dapat lolos mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018.

Wakil Dekan III FK Bidang Kemahasiswaan Dr. Dr. Yuyun Yueniwati, P.W., M.Kes., Sp.Rad (K) menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan FK kepada mahasiswanya agar siap menuju PIMNAS 2018. "Expo ini sebagai bekal mahasiswa dalam menghadapi monev, juga untuk melihat progress mereka," katanya.

Sebanyak sembilan proposal PKM yang lolos didanai Kemenristekdikti mengikuti expo ini. Berikut kesembilan judul proposal tersebut: 1) Muffin Oreo (Serum Fish Bone Oreochromis niloticus for Antiaging: "Pemanfaatan Limbah Tulang Ikan Nila sebagai Serum Antiaging Berbasis NanoTtransformer". 2) P-FLAP: Pemanfaatan Membran Bakteri Pseudomonas flueoreoscens sebagai Terapi Pneumoniae. 3) ROLADE (Beringin Obat Luka Diabetes): Pemanfaatan Ekstrak Daun Fiscus religiosa sebagai Terapi Penyembuhan Luka pada Penderita Diabetes. 4) Gerakan Siswa Sadar Bullying "Gasing": Upaya Preventif dan Rehabilitasi Bullying pada Siswa SMPN 4 Malang, 5) Dua Kates (Madu Randu Anti Luka Kaki Diabetes): Formulasi Patch Nanoemulsi Berbasis Hydrogel dari Madu Tanaman Kapuk Randu (Ceiba Pentranda) sebagai Inovasi Penutup Luka pada Penderita Luka Kaki Diabetes (Diabetic Foot Ulcer). 6) Pandu Seri (Program Konseling dan Edukasi Kesehatan Reproduksi) Berbasis Direct Skill Practice pada Wanita Usia Subur di Posyandu Desa Ganjaran Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. 7) CFD Foam (Crinicum Asiaticum L. for Diabetic Ulcer Foam): Ekstrak Daun Bakung Crinum Asiaticum L. sebagai Solusi Alternatif Perawatan Luka (Ulkus) Diabetes pada Model Tikus (Strain Wistar). 8) Duracyver (Duanliella sp. Therapeutical Potencyfo Chronic Liver Disease): Terapi Pengembangan Non-Alcoholic Fatty Liver Disease dari Ekstrak Dunaliella sp. sebagai Potensi Perbaikan Profil Lipid dan Penurunan TNF-a Hepar Berbasis Hepatoprotektif pada Tikus Wistar Diet Aterogenik. 9) LAR-PHD (Identifier and Recorder Patient with Database): Otomatisasi Identifikasi Pasien Berbasis Kartu RFID di Rumah Sakit Geriatri Teja Husada.

Menurut Dr. Yuyun, tren mahasiswa FK yang mengikuti PKM-PIMNAS mulai meningkat lagi setelah sebelumnya sempat menurun. "Hal ini karena kami mendorong para dosen pembimbing untuk mengenalkan lima bidang PKM kepada para mahasiswa, karena selama ini bidang Penelitian yang sering dikerjakan FK, padahal ada bidang lain, seperti Kewirausahaan atau Pengabdian Masyarakat. Kami juga menyarankan agar mahasiswa FK berkolaborasi dengan mahasiswa fakultas lain agar tema proposal beragam," paparnya.

Sementara itu, dari seluruh fakultas di UB, tahun ini sebanyak 175 proposal PKM lolos didanai Kemenristekdikti dan jumlahnya hampir merata di semua bidang. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Arief Prajitno, MS dalam sambutannya menuturkan, UB telah berupaya keras mempersiapkan mahasiswanya berlaga di PIMNAS 2018, salah satunya dengan memberi 50 persen dana talangan.

"Tiga kali berturut-turut menjadi juara umum PIMNAS menjadi tantangan bagi UB untuk dapat mempertahankan predikat sebagai juara bertahan. Namun dengan segala persiapan yang sudah dilakukan UB, inshaa Allah kita optimis bisa meraih Quattrick," pungkas Prof. Arief.

Dalam kegiatan ini juga diberikan materi Tips dan Trik Monev PIMNAS oleh Darjito, S.Si., M.Si, serta pemberian motivasi oleh Drs. Khusnul Fathoni Effendy, M.Ag. Setelah expo PKM FK, tahapan berikutnya adalah monev internal UB (14 Juli 2018), dan monev eksternal oleh tim Kemenristekdikti (19-21 Juli 2018). [Irene]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID