Prasetya Online

>

Berita UB

Entrepreneurship Program for Economics Student (E-Fest) Periode II

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetya1 pada 04 Desember 2008 | Komentar : 0 | Dilihat : 5471

Dr Khusnul Ashar SE MA
Dr Khusnul Ashar SE MA
Mahasiswa Penerima Beasiswa
Mahasiswa Penerima Beasiswa
Sekitar 250 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (FE-UB) penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mengajar (BBM), Kamis (4/12), mendapatkan pengarahan Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr Khusnul Ashar SE MA.. Dalam pengarahan di Aula Gedung D FE-UB ini, Dr Khusnul Ashar menjelaskan program E-Fest (Entrepreneurship Program for Economics Student) untuk periode II. Program ini merupakan upaya FE-UB dalam berkontribusi guna tercapainya sasaran UB menjadi entrepreneural university. Program yang dimulai sejak tahun 2007 ini diperuntukkan mahasiswa penerima beasiswa dengan tujuan peningkatan kapasitas entrepreneurship (kewirausahaan) mahasiswa melalui pendekatan praktis. Dr Khusnul Ashar mengemukakan, makna entrepreneurship bukan hanya berarti kemampuan berbisnis semata, karena pada hakekatnya entrepreneurship adalah kemampuan mengatasi suatu masalah melalui berbagai alternatif pendekatan. Khusnul berkeyakinan, kemampuan ini tidak bisa diperoleh hanya melalui kuliah atau ceramah, tetapi akan lebih efektif bila dilakukan melalui kegiatan kerja produktif di bidang apa saja.
Khusnul mendeskripsikan program E-Fest, mahasiswa penerima beasiswa akan menjalani masa magang kerja di lingkungan FE-UB selama periode beasiswa berlangsung. Mahasiswa dapat memilih jenis pekerjaan yang menjadi minat dan sesuai kemampuan mereka. Bidang-bidang kerja yang akan ditempati mahasiswa. Antara lain menjadi tutor untuk mata kuliah yang dikuasai, sesuai minat serta keahlian mahasiswa di bidang akademik. Dengan menjadi tutor, mahasiswa dapat membantu mahasiswa angkatan di bawahnya (adik tingkat) dalam hal materi perkuliahan, dan membantu penyelesaian tugas mata kuliah tertentu. Pilihan lain, sebagai staf di laboratorium, bagian, staf pribadi dosen, atau unit kerja lainnya. Dengan pilihan ini, mereka menjadi staf pada bagian-bagian unit kerja yang ada, seperti bagian keuangan, Badan Pengembangan Sistem Informasi (BPSI), atau bagian pengajaran, sesuai kebutuhan masing-masing unit kerja. Sedangkan sebagai staf pribadi dosen, mahasiswa akan membantu dosen dalam mempersiapkan mata kuliah tertentu, seperti mencari jurnal, mempersiapkan bahan ajar dosen, seminar, riset dan lainnya.
Disampaikan, program E-Fest merupakan bagian integral dari program beasiswa di FE-UB. Diharapkan, dengan mengikuti magang kerja ini, mahasiswa sudah memiliki bekal pengalaman kerja dan mampu berinteraksi dengan atasan serta rekan kerja. Dengan demikian soft-skills dan entrepreneurship mahasiswa mengalami peningkatan.
Mahasiswa yang menjalankan magang kerja dengan baik akan mendapatkan sertifikat. Monitoring dan evaluasi akan dilakukan secara periodik untuk menilai kinerja dan kontribusi masing-masing. [ris/kar]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID