Prasetya Online

>

Berita UB

Empat Mahasiswa Jepang Magang Penelitian di THP FTP UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 03 September 2013 | Komentar : 0 | Dilihat : 5343

Empat Mahasiswa Jepang Magang Penelitian di THP FTP UB
Empat Mahasiswa Jepang Magang Penelitian di THP FTP UB
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian  FTP  UB  menerima empat  orang mahasiswa Universitas Yamaguchi  Jepang untuk magang penelitian di Laboratorium Mikrobiologi Pangan dan Hasil Pertanian.  Kazuya Fujiyama, Takahiro Kariya, Takayuki Ishiguchidan Yoshimi Nakayama merupakan mahasiswa program master yang mendapatkan dana magang selama 40 hari dari program SSSV Indonesia-Jepang yang disponsori oleh Universitas Yamaguchi Jepang.

Selain mengikuti kegiatan penelitian mahasiswa di laboratorium, mereka juga melakukan penelitian isolasi dan identifikasi bakteri thermotoleran dari sumber mata air panas Cangar dan Lumpur Lapindo. Mereka juga melaksanakan isolasi dan identifikasi bakteri asam laktat dari makanan tradisional hasil fermentasi yaitu tape ketan dan sawi asin. Proses pengambilan sampel di lapang didampingi oleh dosen pembimbing dan beberapa mahasiswa.
Ketua Jurusan THP, Dr. Agustin KrisnaWardani menyambut baik terselenggaranya program ini. Ia mengatakan kunjungan mahasiswa dari universitas di luar negeri dapat memberikan dampak yang positif terhadap jurusan, terutama bagi mahasiswa karena akan membuka wawasan terhadap peningkatan kualitas penelitian karena mereka berkesempatan untuk menyampaikan penelitian-penelitian yang mereka lakukan di Jepang. Selain itu, kunjungan seperti ini dapat memicu keinginan mahasiswa untuk melanjutkan studi S2 di luar negeri.

"Tahun ini ada dua mahasiswa THP yang lolos untuk mengikuti short visit ke Universitas Yamaguchi,"kata Agustin.
Tidak hanya kerja penelitian di laboratorium, empat  mahasiswa Jepang juga sempat melaksanakan kegiatan studi budaya di beberapa kota di Indonesia. Selain kota Malang, mereka berkesempatan belajar budaya di Yogyakarta dan Bali selama beberapa hari. Perwakilan mahasiswa Jepang Kazuya Fujiyama mengaku sangat senang berada di Indonesia. Keramahan masyarakat, penelitian yang kondusif dengan pendampingan baik dari dosen maupun anggota laboratorium yang hangat, iklim yang bersahabat, bahkan makanan Indonesia memberikesanbagimereka. [Agustin/Oky]

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID