Prasetya Online

>

Berita UB

Educational Visit sebagai Implementasi Kerjasama FIB UB dengan KLM IIUM

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 08 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 841

Prof. Dr. Agus Suman, SE., DEA. (Dekan FIB UB)  dan Dr. Mohamad Zuber bin Ismail (KLM IIUM)
Prof. Dr. Agus Suman, SE., DEA. (Dekan FIB UB) dan Dr. Mohamad Zuber bin Ismail (KLM IIUM)

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) mendapatkan kunjungan dari International Islamic University Malaysia (IIUM). Kunjungan ini dalam rangka Educational Visit of Kulliyyah of Languages and Management, International Islamic University Malaysia (KLM IIUM) in Faculty of Cultural Studies, University Brawijaya (FCS UB).

Sebanyak 31 tamu yang hadir dalam acara ini terdiri dari 26 Mahasiswa dan lima dosen pembimbing dari KLM IIUM. Acara ini bertujuan untuk pertukaran informasi akademik di bidang Bahasa dan Budaya bagi mahasiswa dan anggota kedua Universitas.

Acara dibuka oleh Dr. Widya Caterine Perdhani, M.Pd selaku ketua pelaksana acara tersebut. 

Selanjutnya sambutan acara dari Dekan FIB UB, Prof. Dr. Agus Suman, SE., DEA. 

"Kita bukanlah saudara jauh, antara Indonesia dan Malaysia mempunyai sejarah yang sangat panjang. Dahulu banyak pakar dari Malaysia seperti PETRONAS yang belajar ke Pertamina sebaliknya banyak mahasiswa Indonesia yang juga belajar di Universitas-Universitas Malaysia untuk menuntut ilmu. Kita saling bersama-sama dan bersatu membangun negeri,"kata Agus Suman.

Dekan FIB UB juga menyampaikan tentang program yang dimiliki oleh UB yaitu berupa program 3 in 1 yangmana satu mata kuliah diampu oleh tiga dosen. Tiga dosen tersebut terdiri dari satu dosen internal UB, satu dosen asing dan satu praktisi. 

Dia berharap agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan IIUM. 

"Terima kasih telah menerima kami di FIB UB dan berharap di masa mendatang dapat menjalin kerjasama khususnya di bidang pendidikan,"kata Agus Suman. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan surat keterangan pelaksanaan kerjasama beserta penyerahan cinderamata antara Prof. Dr. Agus Suman, SE., DEA, selaku Dekan FIB UB dengan Dr. Mohamad Zuber bin Ismail selaku perwakilan dosen dari IIUM.

Acara dilanjutkan kembali dengan presentasi kegiatan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Pendidikan Bahasa Inggris dengan mempresentasikan seputar program kerja yang dilaksanakan dan diwakili oleh masing-masing Ketua Himpunan Program Studi.

Pada sesi acara ini animo dari tamu kunjungan sangat berpengaruh untuk menghidupkan suasana terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para tamu kunjungan baik dari mahasiswa maupun dosen pembimbing dari KLM IIUM. 

Seperti pertanyaan yang diajukan oleh Dr.Mohamad Zuber bin Ismail beliau bertanya mengenai adakah penilaian berdasarkan ujian yang khusus dilakukan untuk bidang studi Bahasa Inggris di setiap mata kuliah. Pertanyaan tersebut dijawab oleh ketua Himaprodi Pendidikan Bahasa Inggris bahwa ada Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) untuk mahasiswa. Ujian adalah suatu barometer sebagai bahan pertimbangan apakah mahasiswa yang bersangkutan dapat lulus atau tidak di mata kuliah tertentu.

Pertanyaan juga diajukan oleh salah satu mahasiswa dari KLM IIUM mengenai bagaimana prosedur yang dilakukan oleh peserta jika ingin mendaftar di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Studi Sastra Inggris FIB UB. 

Ketua Himaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris menjawab nahwa peserta harus lulus ujian nasional tingkat SMA untuk dapat melaksanakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu, hasil nilai peserta tersebut harus dapat melampaui passing grade yang telah ditetapkan di setiap program studi dari Universitas yang dituju. 

Hal ini pun langsung ditanggapi oleh salah satu dosen pembimbing dari IIUM tentang seleksi nasional yang dimaksud. Kemudian dijelaskan lebih detail bahwa ujian seleksi ini diikuti oleh seluruh peserta dari seluruh Indonesia mulai dari Sumatera hingga Papua.

Acara dilanjutkan dengan touring atau berkeliling di FIB UB. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan lebih jauh tentang fasilitas penunjang yang ada di FIB UB. 

Tamu kunjungan dari KLM IIUM berkesempatan untuk mengunjungi movie room yang berada di Lantai 7 FIB UB Gedung A. setelah itu mereka dibimbing untuk mengunjungi perpustakaan UB dan PSLD. (YI/DT/MSH/PSIK FIB/Humas UB)

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID