Prasetya Online

>

Berita UB

Dr Djalal Rosyidi: Banyak SDA Menurun Populasinya 

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 17 Januari 2006 | Komentar : 0 | Dilihat : 2548

Dr. Ir. H. Djalal Rosyidi AP MS
Dr. Ir. H. Djalal Rosyidi AP MS
Dunia saat ini sedang mengalami limited resources. Penggunaan sumber daya alam (SDA) memegang peranan dalam kehidupan manusia. Banyak di antaranya mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi sumber daya ekonomi. Meskipun ketergantungan pada sumber daya alam ini sangat besar dan upaya mempertahankannya merupakan hal yang mutlak, namun kenyataannya kurang disadari, sehingga banyak sumber daya alam populasinya menurun dan bahkan ada spesies yang punah.
Demikian antara lain pernyataan Djalal Rosyidi, dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, dalam ujian terbuka mempertahankan disertasi yang berjudul “Beberapa Aspek Biologi dan Karakteristik Karkas Kancil (Tragulus javanicus)” di Sekolah Pascasarjana (SPs) Institut Pertanian Bogor (IPB), yang berlangsung di ruang sidang Senat IPB, Kampus Dermaga, Bogor, 17/11/05.
Dalam ujian tersebut, Djalal Rosyidi berhasil mempertahankan disertasi di hadapan dewan penguji, dengan Promotor Prof. Dr. Drh. H. R. Eddie Gurnadi, ko-promotor Dr. Ir. Rudy Priyan-to dan Dr. Ir. H. Suryahadi DEA. Sedangkan dosen penguji masing-masing dari Fakultas Peternakan IPB terdiri atas Prof. Dr. Drh. H. R. Eddie Gurnadi, Dr.Ir. Rudy Priyanto, Dr. Ir. H. Suryahadi DEA, Dr. Ir. Nahrowi MSc, dan Prof. Dr. Drh. Rahmat Herman MVetSc. Sementara penguji dari luar Fakultas Peternakan adalah Dr.Ir. Achmad Machmud Thohari DEA (dari Laboratorium Konservasi Hewan Fakultas Kehutanan IPB) dan Ir. Gono Semiadi MSc PhD APU (dari Pusat Penelitian Biologi LIPI).
Kandidat dinyatakan lulusan tercepat selama ini dari program studi Ilmu Ternak (PTK) Sekolah Pasacasarjana IPB dengan masa studi 2 tahun 3 bulan dengan IPK 4,0. Sejak beberapa tahun terakhir ini, di SPs IPB predikat kelulusan telah dihapus. Sebagai gantinya, kandidat mendapatkan penghargaan Dekan SPs berupa Piagam Penghargaan Prestasi Akademik Gemilang.
Dr. Ir. H. Djalal Rosyidi AP MS, adalah lulusan Diploma I (Ahli Pratama/AP) dari IKIP Negeri Malang (sekarang UM, 1980), sarjana peternakan Unibraw (1985), dan magister sains (MS) dari Universitas Padjadjaran (1992). Ayah 2 orang anak ini mengabdikan diri sebagai dosen Fakultas Peternakan Unibraw sejak 1 Januari 1986, dan menjadi anggota Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) (1986-sekarang), Persatuan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Pusat (1996-sekarang), pernah menjabat Ketua Program Ekstensi Fakultas Peternakan Unibraw (1996-2003), Wakil Ketua PATPI Cabang Malang (2001-2003), dan aktif pada Pusat Kajian Makanan Tradisional, Lembaga Penelitian Universitas Brawijaya. [DR]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID