Prasetya Online

>

Berita UB

Dr. Deborah Wise Jane: Positioning Konsep Kunci Riset Kualitatif Public Relations

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafisip pada 08 October 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 523

Dosen dari Universitas Newscastle Dr. Deborah Wise Jane
Dosen dari Universitas Newscastle Dr. Deborah Wise Jane
Jurusan Ilmu Komunikasi mengadakan Workshop Metode Riset Kualitatif PR mengenai Discourse Analysis dengan mengundang dosen dari Universitas Newscastle Australia Dr. Deborah Wise Jane sebagai pemateri. Bertempat di ruangan 5.2 Gedung A FISIP UB, workshop ini diadakan Selasa (2/10/2018).

Public Relations (PR) merupakan salah satu bidang peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB.

Penelitian tentang PR banyak dilakukan baik oleh mahasiswa maupun dosen Ilmu Komunikasi. Ketika melakukan riset bertemakan PR menggunakan metode kualitatif maka ada salah satu konsep kunci yang harus ada pada penelitian tersebut, yaitu positioning peneliti.

"Discursive positioning adalah salah satu konsep kunci dalam PR, positioning sendiri dipahami sebagai arena kontestasi di mana makna dikonstruksi, dikontestasikan, dan direkonstruksi," Ungkap Dr. Deborah Wise Jane selaku pemateri.

Dalam workshop itu Deborah juga menjelaskan ada beberapa pendekatan yang bisa digunakan untuk penelitian kualitatif bertemakan PR. Di antaranya pendekatan interpretatif yang menekankan pada perspektif dari stakeholders, serta pendekatan kritis yang menekankan pada perubahan sosial, terutama pada mereka yang termarjinalkan.

Deborah juga berkata bahwa riset bertemakan PR sangatlah cocok untuk menggunakan metode kualitatif.

"Pendekatan kualitatif menekankan pada kompleksitas dan menghindari over-simplikasi dan menawarkan pemahaman yang lebih dalam atas fenomena sosial," kata Deborah dalam workshop tersebut. [02/Fariza/Humas FISIP/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID