Prasetya Online

>

Berita UB

Dosen dan PSIK Fakultas Belajar Menulis Artikel Ilmiah Populer dari Redaktur Kompas

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 12 Maret 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 249

Redaktur Kompas Putu Fajar Arcana
Redaktur Kompas Putu Fajar Arcana
Dosen dan Staf Pusat Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK) Universitas Brawijaya (UB) belajar membuat sebuah tulisan artikel ilmiah populer dari Redaktur Kompas Putu Fajar Arcana, Selasa (12/3/2019)

 "Kata populer yang dimaksud disini adalah pesan dari tulisan tersebut bisa diterima oleh masyarakat luas. Untuk membuat karya ilmiah menjadi populer  yang harus dilakukan pertama kali adalah menemukan ide. Bayangan orang mencari ide itu adalah sesuati yang berat jadi sepertinya rumit banget,"kata Putu Fajar Arcana.

Menurut Bli Chan (panggilan akrabnya), jika mencari ide dipandang rumit, maka akan menjadi sebuah beban.

"Oleh karena itu, kita perlu merileksasikan pikiran kita. Salah satu caranya dengan merobek-robek kertas koran bekas, mengambil kata-kata menarik, kemudian dirangkai menjadi sebuah kalimat yang bermakna,"katanya.

Setelah menemukan ide, dilanjutkan dengan menuliskan gagasan sesuai dengan observasi, pengalaman dan referensi yang telah kita dapat.

"Referensi yang sudah tertanam lama akan mengarahkan kita untuk  memulai berpikir kreatif dalam menentukan sebuah ide dasar,"katanya.

Setelah menentukan ide dasar, tahapan selanjutnya adalah mulai menulis ilmiah populer.

Tips menulis ilmiah populer, menurut Bli Chan ada sepuluh yaitu memilih topik yang aktual, memiliki kedekatan (proximity), sedang jadi bahan pembicaraan di media sosial, penggunaan bahasa segar dan struktur kalimat sederhana, memberi perspektif baru tentang hasil yang populer, menawarkan solusi atau pemecahan masalah, menghindari kata-kata kasar, menjauhi tulisan-tulisan yang berbau SARA atau mendiskriminasi golongan, jangan pernah berhenti menulis kalau belum di muat.

"Dan yang terakhir Sekali menulis, hidup mati adalah menulis,"katanya.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Anang Sujoko S.Sos, M.Si, D.COMM yang mewakili Rektor UB mengatakan pelatihan ini diselenggarakan untuk memberikan teknik bagaimana menulis sebuah artikel ilmiah menjadi sesuatu yang enak dibaca.

"Semangat dari pelatihan ini adalah bagaimana mengemas sebuah informasi yang singkat namun justru mudah dipahami semua masyarakat. Harapan kami dengan adanya pelatihan ini bisa melahirkan kajian-kajian dosen di kampus,"kata Anang.

Pelatihan penulisan karya ilmiah populer merupakan kerjasama yang dilaksanakan oleh Biro Kompas Jawa Timur dengan Bagian Humas Universitas Brawijaya.

Salah satu bentuk lain kerjasama Humas UB dengan Biro Kompas Jatim adalah pemanfaatan Wi-Fi kampus untuk bisa mengakses Kompas.id secara gratis.

Cara mengakses Kompas.ID di jaringan WiFi Kampus UB sebagai berikut: pertama  masuk ke Wifi UB, Kedua buka website Kompas.id, ketiga buat akun baru di websote Kompas.id, keempat Login menggunakan akun yang telah dibuat di website Kompas.id, kelima silahkan mencoba akses semuan konten di website Kompas.id, keenam baca e-paper selama akses dilakukan di jaringan WiFi UB. [Oky Dian/Humas UB]

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID