Prasetya Online

>

Berita UB

Dosen Fisika Raih Penghargaan Energi 2011

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh humas3 pada 13 October 2011 | Komentar : 0 | Dilihat : 6096

Dr.rer.nat Nurhuda meraih penghargaan dari Kementerian ESDM dan Kementerian Ristek
Dr.rer.nat Nurhuda meraih penghargaan dari Kementerian ESDM dan Kementerian Ristek
Dosen Jurusan Fisika FMIPA Universitas Brawijaya (UB), Dr.rer.nat M. Nurhuda meraih penghargaan energi 2011 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM-RI). Tidak tanggung-tanggung, alumni Bielefeld University Jerman ini meraih dua penghargaan sekaligus. Selain dari Kementerian ESDM, ia juga mendapat penghargaan dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Penghargaan Energi Prakarsa diberikan langsung oleh Menteri Dr. Darwin Zahedy Saleh pada Rabu (28/9) karena Nurhuda dianggap berjasa luar biasa sebagai pemrakarsa dan pelopor kemandirian energi masyarakat miskin. Pertimbangan ini didasarkan pada upayanya mengembangkan lima jenis kompor biomassa ramah lingkungan menggunakan potensi biomassa setempat.

Dengan keunggulan diantaranya efisiensi yang tinggi, kompor biomassa Nurhuda telah diproduksi hingga 6100 unit untuk dalam negeri maupun luar negeri. Kompor biomassa ini telah memberi dampak diantaranya meningkatkan perekonomian/industri rumah tangga, sosial, budaya, kesadaran menjaga lingkungan masyarakat sekitar, dan lebih luas lagi adalah pembangunan sektor energi dan sumberdaya mineral.

Sementara itu, penghargaan dari Menristek RI diberikan atas inovasi Nurhuda tentang Tungku Penghangat Anak Ayam Hemat Energi. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menristek RI Suharna Surapranata pada Kamis (29/9) di Jakarta. Tungku penghangat anak ayam hemat energi ini juga telah masuk dalam 103 inovasi paling prospektif 2011.

Diwawancarai PRASETYA Online di ruang kerjanya, Nurhuda berharap agar karya yang dihasilkannya memberi manfaat kepada masyarakat dan memotivasi peneliti lain untuk menghasilkan lebih banyak inovasi. [nok]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID