Prasetya Online

>

Berita UB

Dosen FTP Ikuti Outbound Staf Visit ke UoS dan Birmingham City University, Inggris

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaftp pada 18 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 381

Saat Menjadi Guest Lecture Mahasiswa Birmingham City University
Saat Menjadi Guest Lecture Mahasiswa Birmingham City University
Dosen jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya (FTP UB) Sri Suhartini, STP., M.Env.Mgt.PhD melakukan kegiatan outbond staf visit ke beberapa universitas di Inggris pada (2/4-12 /4/2019).

Kegiatan visit ke University of Southampton (UoS) merupakan rangkaian kegiatan kolaborasi penelitian internasional yang didanai oleh program Industryl Academia Partnerships Program (IAPP), the Royal Academia of Engineering (RAEng), dan United Kingdom bertajuk 'Developing Integrated  Anaerobic Digestion and Aerobic Granular Sludge Technology for Textile Wastewater Treatment in Indonesia'.

Selainn melakukan diskusi dengan mitra penelitian Dr. Yongqiang Liu, dia  juga melakukan presentasi hasil kegiatan penelitian dan stakeholder engagement tentang pengolahan dan pemanfaatan limbah industri batik.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Suhartini juga mempresentasikan tentang hasil kegiatan kerjasama penelitian yang telah dan akan dilakukan oleh Riset Grup Sustainable Bioresource, Waste Technology and Bioeconomy (SBistec), yang difokuskan pada bioenergi dan biorefinery dari biomasa termasuk limbah organik padat dan cair.Mitra industri Dra. Wiwik Niarti juga memberikan presentasi tentang potensi industri batik, proses dan permasalahan limbahnya serta pemanfaatan biomasa sebagai sumber bioenergi dan bio-based produk yang bernilai ekonomi tinggi. 
Kegiatan lainnya yang dilakukan dengan mitra UoS antara lain penulisan artikel jurnal bersama dan  identifikasi kerjasama lanjutan serta laboratorium visit khususnya pada pengembangan alat pengujian potensi gas metana.
Selain itu , Sri Suhartini juga melakukan kunjungan ke Birmingham City University (BCU) sebagai bagian dari upaya penguatan kolaborasi internasional yang sudah dibangun sejak tahun 2014.
Dalam kesempatan ini, Sri Suhartini juga menjadi guest lecture  dihadapan mahasiswa undergraduate pada mata kuliah Thermodynamic and Environmental Studies dengan memberikan topik berkaitan tentang studi kasus permasalahan lingkungan di Indonesia, khususnya limbah cair batik, dan bagaimana menanganinya dengan menggunakan teknologi aerobik dan anaerobik . 
Kegiatan lainnya yang dilakukan meliputi supervisory meeting untuk menentukan potensi penulisan draft artikel jurnal ilmiah yang dapat diangkat dari thesis mahasiswa S3 yang telah dibimbingnya.
Sri juga memberikan scientific presentation yang dilakukan dihadapan mahasiswa S3 di Fakultas Computing, Engineering, and Built Environment, BCU yang berjudul Biomass Valorisation - Current and Future Directionkhususnya  tentang aplikasi anerobik digestion dan pengolahan biologis dalam mengubah limbah organic menjadi biogas dan bio-based chemicals.
Partner meeting juga dilakukan untuk mendiskusikan potensi kerjasama lanjutan serta persiapan kegiatan kerjasama penelitian Newton Fund 2019-2020.  Selain itu kunjungan laboratorium juga dilakukan untuk mengidentifikasikan kebutuhan alat dan bahan yang diperlukan dalam menunjang kegiatan penelitian Newton Fund.
Sri juga melakukan kunjungan ke University of Warwick (UoW) pada tanggal 12 April 2019 yang meliputi research collaboration discussion dengan Dr. Guy Barker beserta tim peneliti Dr. Tara dari Warwick Manufacturing Group, UoW).
Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kunjungan Dr. Guy dan Dr. Tara ke Indonesia pada tanggal 23-29 Maret 2019 yang difokuskan pada identifikasi potensi topik penelitian kerjasama internasional antara UB, UoW, BCU dan juga lembaga penelitian di Indonesia dan UK[dse/hum]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID