Dosen FTP Bimbing UKM Jamur Tiram Jember Beralih Teknologi

Dikirim oleh prasetyaftp pada 10 October 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 138

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya  Mas’ud Effendi STP. MP Bersama Petani Jamur
Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Mas’ud Effendi STP. MP Bersama Petani Jamur
Jamur tiram merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak, dan kalori. Olahan jamur tiram (Pleurotus ostreatus) mempunyai citarasa mirip dengan daging ayam karena berserat serta gurih. Di Dusun Watukebo - Jember terdapat beberapa kelompok usaha pembibitan budidaya dan pengolahan pangan berbahan jamur tiram seperti UKM Rumah Jamur Zahra dan Healthy Nugget Jamur.

UKM Rumah Jamur Zahra merupakan unit usaha jamur terpadu yang bergerak di bidang pembibitan jamur tiram hingga memproduksi jamur crispy dan nugget jamur. Adapun UKM Healthy Nugget merupakan produsen nugget jamur  (original jamur, mix ayam dan sayur)  yang ternyata digemari masyarakat.  Keberadaan UKM jamur tiram terpadu ini terbukti telah meningkatkan kesejateraan dan pendapatan masyarakat di Dusun Watukebo - desa Andongsari Jember secara signifikan.

Potensi keberadaan UKM jamur bagi peningkatan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat Dusun Watukebo - desa Andongsari Jember inilah yang melatari dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya  Mas’ud Effendi STP. MP. tergerak melakukan kegiatan untuk meningkatkan kinerja UKM Jamur Tiram.

Upaya tersebut dilakukannya guna mendukung pemberdayaan masyarakat di kawasan hutan Taman Nasional Meru Betiri. Solusi pada permasalahan yang dihadapi oleh UKM Jamur Tiram Terpadu adalah fasilitas peralatan produksi Teknologi Tepat Guna yang dapat memperbaiki kinerja proses dan kapasitas produksi pembibitan serta olahan jamur tiram yang meningkat nilai ekonomi bagi masyarakat Desa Andongsari khususnya UKM Rumah Jamur Zahra dan Healthy Nugget Jamur.

Kegiatan ini diperkuat dengan pendampingan tim bersama pendamping lapang dari Taman Nasional Meru Betiri sebagai pembina daerah kawasan hutan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UB.

Melalui program kemitraan masyarakat ini, Mas’ud Effendi STP. MP. berhasil mengajak UKM Jamur untuk melakukan alih teknologi dalam proses produksi jamur tiram dan olahannya melalui penggunaan laminar, spinner inverter dan freezer. Adanya alih teknologi memungkinkan peningkatan produktivitas UKM Jamur Tiram Terpadu di Jember melalui efisiensi tenaga kerja, waktu, dan biaya.

Alih teknologi ini juga menaikkan kapasitas produksi bibit jamur dan nugget jamur hingga dua kali lipat dengan kualitas yang lebih baik dan biaya produksi lebih rendah. Mas'ud Effendi berharap kegiatan ini mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses produksi baik pembibitan dan olahan jamur tiram dengan perbaikan sistem produksi melalui teknologi tepat guna. (dse/Humas UB)