Prasetya Online

>

Berita UB

Dosen FTP Bimbing Manajemen Katering Panti Asuhan Aisyah

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaftp pada 25 September 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 260

Pelatihan Manajemen Produksi Usaha Ekonomi Produktif Panti Asuhan Putri Aisiyah Kota Malang
Pelatihan Manajemen Produksi Usaha Ekonomi Produktif Panti Asuhan Putri Aisiyah Kota Malang
Dosen jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Andan Linggar Rucitra, MP., membimbing katering Panti Asuhan Putri Aisyiyah (PAPA) Dinoyo, Malang dalam Pelatihan Perbaikan Manajemen Produksi Usaha Ekonomi Kreatif, Senin (17/09/2018).

Katering PAPA merupakan salah satu unit usaha yang dikembangkan Panti Asuhan Putri Aisyiyah berlokasi Dinoyo Malang. Beberapa produk katering ini diantaranya adalah aneka cookies, snack dan kue basah yang dipasarkan di Malang Raya. Aning Rochani selaku pimpinan panti asuhan menyampaikan, “Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh katering PAPA, karena keterbatasan IPTEK yang kami miliki. Diharapkan pelatihan ini dapat  bermanfaat bagi pengembangan katering PAPA, dan terjalin kerja sama lebih lanjut di masa mendatang," paparnya.

Dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, Andan Linggar Rucitra, MP bersama tim yang beranggotakan Dr. Endah Rahayu Lestari, Ardaneswari Dyah Pitaloka Citraresmi, MP., dan Rizky Luthfian Ramadhan Silalahi, STP. MSc. dari jurusan Teknologi Industri Pertanian FTP UB membimbing seluruh peserta pelatihan yang merupakan pimpinan dan karyawan katering dalam tiga materi utama yaitu pencatatan dan pelaporan keuangan, penanganan bahan dan tata letak, serta manajemen produksi. 

"Sebelum melakukan kegiatan ini, kami telah mendata kebutuhan pihak katering PAPA dengan melakukan survey dan wawancara yang memunculkan tiga kebutuhan dasar mereka. Materi pencatatan dan pelaporan keuangan diberikan untuk membekali pimpinan dan karyawan katering PAPA dalam mengelola keuangannya, agar detail cash flow perusahaan dapat tercatat dengan jelas dan terukur. Kami juga memberikan materi tentang penanganan bahan dan tata letak untuk membantu katering PAPA melakukan proses produksinya dengan lebih baik. Ini juga dilakukan untuk memastikan katering PAPA memenuhi standar proses produksi untuk memperoleh sertifikasi dalam rangka meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperluas pasar. Selain itu, kami juga memaparkan manajemen produksi yang berisikan materi tentang bagaimana sebaiknya katering PAPA mengelola produksi secara keseluruhan, mulai dari pengaturan tenaga kerja, pengaturan bahan baku, hingga mengelola pesanan yang masuk,"kata Ketua tim, Andan Linggar Rucitra, MP. .

Dr. Endah Lestari, salah satu anggota tim menambahkanpelatihan ini dilaksanakan sebagai salah satu kewajiban dosen di sebuah perguruan tinggi untuk melakukan transfer IPTEK ke masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi perbaikan dan pengembangan katering PAPA. (dse/Humas UB)

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID