Dosen FTP Berbicara di Konferensi Internasional Euromembran

Dikirim oleh humas3 pada 04 October 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 4127

Yusuf Wibisono MSc
Yusuf Wibisono MSc
Dosen Jurusan Teknik Pertanian (PS Teknik Bioproses) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Yusuf Wibisono MSc melakukan presentasi di Konferensi Internasional Euromembran 2012 bulan lalu. Presentasi tersebut dilakukan sebagai rangkaian kunjungan ilmiahnya ke Inggris selama sembilan hari, Rabu-Kamis (19-27/9).

Ia mempresentasikan papernya tentang pengaruh geometri dari spacer dalam penggunaan gelembung udara pada proses nanofiltrasi dan osmosis terbalik. Terkait dengan penggunaan gelembung udara di dalam proses membran, ketika di Universitas Oxford, ia bertemu dengan Prof. Z.F. Chui yang merupakan pakarnya. Bidang tersebut juga menjadi bidang yang diteliti Yusuf selama menempuh pendidikan doktoral di Belanda.

Pada konferensi terbut, disampaikan Yusuf, 228 presentasi oral dan 550 presentasi poster  dipaparkan. Diantaranya adalah membran mikrofiltrasi, ultrafiltrasi, nanofiltrasi, osmosis terbalik, osmosis maju, membran kontaktor, pembuatan dan modifikasi membrane, anorganik membran,  membran karbon dan mixed matrix, hingga aplikasi teknologi membran untuk biorefinery, pemisahan gas dan uap, produksi air minum, aplikasi biomedis (ginjal buatan, biosensor, drug delivery, dialisis dll.) dan fuel cell/battery.

Selama berada di Inggris, ia juga mengunjungi instalasi desalinasi yang dioperasikan oleh Thames Water di London. Instalasi ini menggunakan teknologi membran ultrafiltrasi (UF) dan osmosis terbalik (RO), dan digunakan untuk mengolah air permukaan dari Sungai Thames di London. Instalasi desalinasi Beckton ini dibangun oleh pemerintah kota London untuk menyediakan sekitar tujuh persen dari kebutuhan air minum bagi penduduk kota metropolitan London, dan digunakan sebagai cadangan untuk water security  bagi London. Pada hari berikutnya Yusuf Wibisono, MSc juga mengunjungi Departemen Teknik Kimia di University of Oxford dan University of Bath, yang memiliki riset unggulan di bidang teknologi membran.[ai]  

 

Artikel terkait