Prasetya Online

>

Berita UB

Dosen FTP Antar Coklat Khas Batu Jadi Brand Ambassador Asian Games 2018

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaftp pada 10 Agustus 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 1020

Tim dosen FTP bawa coklat khas Batu jadi brand ambassador Asian Games 2018
Tim dosen FTP bawa coklat khas Batu jadi brand ambassador Asian Games 2018
Cokelat memiliki peluang bisnis menjanjikan dengan pangsa pasar dari semua golongan disamping mempunyai masa depan cerah. Salah satu usaha cokelat yang paling kreatif, menarik dan prospektif adalah Cokelat Praline dan Cokelat Salut.

Jenis cokelat ini memiliki ciri khas seperti ukuran kecil dengan aneka bentuk yang lucu dan cantik, lengkap dengan ragam rasa yang tersimpan di balik lapisan cokelat di luarnya. Praline adalah cokelat padat dengan isi tertentu, seperti esella, fruit mix, kacang, rice crispy, palette blueberry, palette strawberry, dan berbagai buah. Sedangkan Salut merupakan produk makanan jajanan yang dibalur cokelat. Mesuji dan Shavir Chocollection merupakan pioner UKM produsen Cokelat Praline dan Cokelat Salut di Kota Wisata Batu dengan target konsumen wisatawan yang jumlahnya selalu meningkat pada musim liburan di Kota Wisata Batu, Jawa Timur.

Melalui program kemitraan masyarakat yang bersumber dari pendanaan DIKTI, dua dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) Dewi Maya Maharani, S.TP, MSc. dan Dr. Siti Asmaul Mustaniroh, STP., MP melakukan pembinaan dan pendampingan UKM Mesuji dan Shavir Chocollection Kota Batu. Pendampingan yang dilakukan antara lain adalah bantuan pengadaan peralatan mesin tempering dan pembalut semi otomatis. Pengadaan mesin yang lebih ergonomis ini memungkinkan peningkatan kualitas dan kapasitas produksi.

Coklat mesuji
Coklat mesuji
Selain itu, tim dosen FTP UB juga telah melakukan bimbingan teknis terkait manajemen proses produksi, jaminan mutu, alih teknologi mekanis dalam proses pengadukan dan tempering Coklat Praline serta Tempering Pembalutan Coklat Salut, serta implementasi SOP produksi coklat untuk memenuhi standarisasi SNI.

Berkat pendampingan dan pembinaan yang dilakukan tim dosen FTP UB, peningkatan efisiensi dan produktivitas coklat kreatif (praline dan salut) semakin bertambah. Bahkan nilai tambah dan kualitas produk kedua UKM Coklat Batu makin berdaya saing ditingkat nasional. 

Selain itu, dalam bimbingannya, tim dosen FTP UB juga mengajak kedua UKM untuk mengkreasi produknya dengan komoditas lokal seperti tempe, tahu dan aneka buah khas Batu. Keunikan itulah yang membuatnya memiliki kekhasan tersendiri hingga Coklat Mesuji produksi UKM Batu dipercaya menjadi salah satu produk brand ambassador Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. [dse/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID