Prasetya Online

>

Berita UB

Dosen FT Pelajari Arsitektur Jepang

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 24 October 2011 | Komentar : 0 | Dilihat : 6365

Yusfan Adeputera Yusran (ketiga dari kanan) bersama Tadao Ando (keempat dari kanan) dan tujuh trainee Ando program
Yusfan Adeputera Yusran (ketiga dari kanan) bersama Tadao Ando (keempat dari kanan) dan tujuh trainee Ando program

Selama satu bulan (19/9-18/10), Yusfan Adeputera Yusran, Dosen Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya mengikuti Osaka Invitational Program For Short-Term Overseas Trainees In Architecture And Arts 2011 atau yang lebih dikenal dengan Ando Program. Program ini diprakarsai seorang arsitek ternama Jepang yakni Tadao Ando dan Prefektur Osaka yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya sejak tahun 1993 dengan menyeleksi calon trainee dari beberapa negara di Asia. Untuk tahun ini, trainee berjumlah delapan orang yang terdiri dari dua orang dari Indonesia (Jawa Timur dan Bali), satu orang masing-masing dari Thailand, Vietnam, China, Sri Langka, India, dan Nepal.

Program ini ditujukan bagi akademisi maupun praktisi di bidang arsitektur yang bertujuan untuk memperkenalkan arsitektur Jepang di Osaka dan sekitarnya agar nantinya dapat digunakan sebagai komparasi dan pendukung oleh para trainee dalam pengembangan keilmuan serta pembangunan di negaranya masing-masing. Dalam kesempatan ini pula, Yusfan diberikan kesempatan magang selama 3 minggu pada salah satu perusahaan perumahan ternama Jepang yakni Daiwa House Industry. Selain berbagi tentang metode desain, ia diberikan kesempatan pula mempelajari bagaimana cara mereka membangun rumah instan yang tahan terhadap gempa, kebakaran, angin topan namun tetap memperhatikan kenyamanan penghuni dan dapat bertahan lama. Selain itu, dalam program ini para trainee mengunjungi beberapa karya-karya Tadao Ando serta diperkenalkan bagaimana cara orang Jepang melestarikan tradisinya dengan mengunjungi beberapa bangunan tradisional di Kyoto.

Di tengah-tengah program, Minggu-Senin (9-10/10), Yusfan menyempatkan diri pula untuk mengikuti Seminar Internasional Sustain 2011 di Uji, Kyoto yang diselenggarakan oleh PPI Kyoto. Sebuah kesempatan langka mengikuti seminar yang diadakan oleh pelajar Indonesia di luar negeri dan diikuti sebagian besar oleh akademisi dari Indonesia.[yus/ai]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID