Prasetya Online

>

Berita UB

Dosen FP-UB Beri Kuliah Tamu di Thailand

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ireneparamita pada 12 Maret 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 400

Dosen FP-UB Dr. Anton Muhibuddin Berikan Kuliah Tamu di Thailand
Dosen FP-UB Dr. Anton Muhibuddin Berikan Kuliah Tamu di Thailand
Pakar Pertanian Universitas Brawijaya (UB) Dr. Anton Muhibuddin diundang menjadi dosen tamu dalam acara kuliah tamu di International College of Rajamangala University of Technology Krungthep, Thailand, Rabu (6/3/2019).

Dalam kuliah tamu ini, Anton mengungkapkan hasil penelitian kerjasama timnya di UB dengan beberapa perguruan tinggi di tujuh negara, yaitu Jerman, Inggris, Thailand, Vietnam, Jepang, Laos, dan Indonesia.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa di dalam tanah di Indonesia terdapat beragam mikroba yang bermanfaat sebagai dekomposer, antagonis dan lainnya, yang bermanfaat untuk praktik budidaya pertanian," ujar Dosen Fakultas Pertanian ini.

Dr. Anton Muhibuddin
Dr. Anton Muhibuddin
Ia menambahkan, dari hasil penelitian menunjukkan sekitar 90 persen mikroba berperan positif terhadap lingkungan dan tanaman.  "Melalui beberapa metode, keberadaan mikroba-mikroba tersebut dapat dikembangkan secara in situ, sehingga akan lebih efisien dan efektif," katanya.

Kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa kelas internasional di International College of Rajamangala University of Technology Krungthep, Thailand. Anton sudah beberapa kali diundang sebagai dosen tamu di beberapa universitas di Thailand. Kunjungan ini juga merupakan tindak lanjut dari kerjasama kolaborasi riset antara UB dan perguruan tinggi tersebut setelah mendapat hibah riset kerjasama internasional dari JSPS Jepang dan Kemenristeksikti.

Dengan adanya kolaborasi riset ini, Anton berharap riset di UB semakin berkualitas dan diakui secara internasional. "Selanjutnya kami berharap penelitian ini dapat menghasilkan paten internasional atas nama UB," pungkasnya. [Irene] 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID