Dosen FIB UB Menjadi Perwakilan dalam Kunjungan ke Vocational Colleges di Fukuoka dan Osaka Jepang

Dikirim oleh prasetyafib pada 17 April 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 587

Dosen FIB UB Menjadi Perwakilan dalam Kunjungan ke Vocational Colleges di Fukuoka dan Osaka Jepang
Dosen FIB UB Menjadi Perwakilan dalam Kunjungan ke Vocational Colleges di Fukuoka dan Osaka Jepang

Dosen Program Studi Sastra Jepang yang juga merupakan Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB), Ismatul Khasanah, M.Ed,, Ph.D. menjadi salah satu perwakilan Indonesia yang mewakili UB dalam acara Kunjungan ke Vocational Colleges di Jepang. Acara ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan Jejaring Internasional dan penjajakan kerjasama, serta pertemuan dengan stake holder, dalam hal ini adalah Pemerintah Jepang.

Kegiatan ini dihadiri oleh tujuh negara ASEAN (Indonesia, Vietnam, Thailand, Filipina, Malaysia, Kamboja, dan Laos) yang masing-masing negara diwakili oleh satu atau dua dosen Bahasa Jepang dengan total 13 orang delegasi. Selain untuk mempererat hubungan kerja sama dengan negara di ASEAN, acara ini diharapkan dapat memperluas wawasan pengajar Bahasa Jepang di sekolah vokasi yang ada di Jepang yang memiliki bidang studi yang lebih spesifik dengan sistem yang berbeda dibandingkan Indonesia.

Pada hari pertama, sesampai di Fukuoka, para delegasi diundang untuk mengunjungi Perusahaan IKK yang bergerak dalam bidang Wedding Organizer. Perusahaan ini banyak merekrut mahasiswa asing dari negara ASEAN, bahkan salah satu alumni dari FISIP UB saat ini menjadi bagian dari IKK yang juga membuka cabang di Jakarta.

Pada hari berikutnya, para delegasi mengunjungi ASO group, sebuah sekolah tinggi vokasi yang mempunyai banyak Program Studi seperti anime, komik, visual art, perhotelan, pariwisata, dan penerbangan. Para peserta juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi Adachi Education yang mempunyai Program Studi Tata Boga dan IT.

Malam kedua di Fukuoka diisi dengan makan malam dan ramah tamah yang mengundang para pejabat sekolah tinggi vokasi di Fukuoka. Dalam acara ini, para delegasi dan juga petinggi sekolah vokasi saling berdiskusi tentang cara pengajaran Bahasa Jepang di masing-masing negara hingga penawaran beasiswa untuk belajar di Jepang. Di hari selanjutnya, para peserta berkesempatan untuk mengunjungi sekolah tinggi vokasi yang mempunyai program tata rias, hair cut dan perawatan tubuh.

Pada hari ke-4, acara berpindah ke Osaka. Para delegasi mengunjungi Osaka Bio Medikal College, sekolah tinggi vokasi kecantikan. Pada kesempatan ini, para peserta mendapatkan pengalaman untuk mengetahui jenis kulit masing-masing menggunakan peralatan laboratorium. Tidak hanya itu, mereka juga mengunjungi Ecole Umeda, jurusan tata boga yang mempunyai beberapa spesialist dalam bidang pembuatan kue pernikahan atau pesta, jurusan masakan tradisional Jepang, China, Paris, dan lain-lain. 

Pada hari ke-5, setelah mengunjungi sekolah vokasi teknik (teknik arsitektur dan robotic), para delegasi menghadiri Internasional symposium yang dihadiri lebih dari 200 peserta dari sekolah tinggi di seluruh Jepang.  Program ini diakhiri dengan makan malam dan ramah-tamah dengan para pejabat sekolah Vokasi di Osaka dan Fukuoka. (Vivi/DT/MSH/PSIK FIB/Humas UB)