Prasetya Online

>

Berita UB

Disertasi Sutan: Populerkan Angkutan Umum Dengan Peningkatan Utilitas

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 17 Januari 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 5733

Dr. Sutan Parasian Silitonga STP., ST., MT
Dr. Sutan Parasian Silitonga STP., ST., MT
Penggunaan angkutan umum khususnya mikrolet dan bus di perkotaan saat ini sudah tidak populer. Hal ini berdasarkan fakta di lapangan menunjukan adanya penurunan jumlah penumpang yang signifikan. Salah satu penyebabnya adalah semakin tingginya jumlah kendaraan pribadi seperti sepeda motor yang dianggap lebih murah dan fleksibel dibandingkan angkutan umum. Demikian disampaikan Sutan Parasian Silitonga saat mengawali pemaparan hasil penelitiannya dalam Ujian Disertasi Terbuka berjudul "Model Pilihan Moda dan Fungsi Utilitas Angkutan Umum" pada Senin (16/1) di Ruang Pertemuan Gedung Fakultas Teknik Lantai 2.
Lebih lanjut Sutan menjelaskan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat tajam juga menambah permasalahan transportasi terutama kota-kota besar.
"Padahal angkutan umum seharusnya menjadi solusi terbaik dalam penyelesaikan masalah kepadatan lalu lintas," paparnya.
Penelitian Sutan dilakukan pada tiga kota besar yang terdiri dari Kota Palangka Raya, Malang dan Surabaya sebagai perwakilan dan karakteristik  ukuran kota yang berbeda untuk tiga jenis pilihan moda yaitu, sepeda motor, mobil pribadi dan angkutan umum. Sutan menggunakan model matematis untuk penelitiannya yaitu dengan model Logit Binomial dan Multinominal dengan mengembangkan tiga respon di dalam proses pemilihan moda.  
Berdasarkan hasil analisis regresi logistik dan AHP pertimbangan biaya perjalanan merupakan komponen utama yang paling mempengaruhi rendahnya minat menggunakan angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi. Selain itu karakteristik individu terutama lifestyle turut mempengaruhi sensitivitas respon Indvidu dalam memilih moda.
Di akhir pemaparannya Sutan merekomendasikan beberapa hal untuk mempopulerkan angkutan umum diantaranya peningkatan utilitas angkutan umum seperti perbaikan tingkat pelayanan yang harus dilakukan terlebih dahulu, kebijakan penurunan tarif angkutan umum melalui skema subsidi bahan bakar untuk angkutan umum dan penerapan regulasi pembatasan penggunaan kendaraan pribadi.
Selain itu Sutan juga merekomendasikan untuk revitalisasi penggunaan angkutan umum berupa perbaikan sarana dan prasarana angkutan umum, khususnya kenyamanan, keamanan dan kemudahan penggunaan angkutan umum. Penurunan biaya perjalanan dengan angkutan umum melalui subsidi tarif angkutan umum 50% diprediksi cukup signifikan menaikan jumlah pengguna angkutan umum.
Disertasi dipromotori oleh  Prof. Ir. Harnen Sulistio, M.Sc., Ph.D (Promotor), Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D (Ko-Promotor), Achmad Wicaksono, M.Sc., Ph.D (Ko Promotor). Sedangkan Majelis Penguji yang terlibat dalam ujian disertasi ini  diantaranya Dr. Ir. M. Ruslin Anwar, M.Si., Prof. Dr. Marjono, M.Phil., Prof. Dr. Ir. Wimpy Santosa, M.Eng. MSCE. [arr]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID