Prasetya Online

>

Berita UB

Disertasi Mochamad Bachtiar Teliti Prediktor Terhadap Respon Kemoterapi

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 08 Agustus 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 1140

Mochamad Bachtiar Budiono
Mochamad Bachtiar Budiono
Mahasiswa Program Doktor Ilmu Kedokteran Mochamad Bachtiar Budiono mencoba meneliti prediktor yang bisa memberikan respon tubuh setelah dilakukan kemoterapi. Penelitian ini dia tuangkan dalam disertasinya yang berjudul Kombinasi Ekspresi Vimentin, E-Cadherin, CD44 dan CD24 Sebagai Model Prediktor Respons Kemoterapi Neoajuvan Berbasis Antrasiklin pada Kanker Payudara Stadium III B SubtypeLuminal.

Dalam disertasinya, Bachtiar mengatakan bahwa respon tubuh setelah dilakukan kemoterapi bermacam-macam, mulai dari tubuh tidak respon dengan tingkat resistensi dan kekambuhan masih cukup besar hingga munculnya pertumbuhan tumor sekunder jenis lain pada kelompok wanita usia muda.

Saat ini prediksi respon kemoterapi umumnya didasarkan pada prediktor klinis stadium Tumor, Kelenjar Getah Bening, metastasis (TNM), hasil histopatologis (grading, jenis histopatologis, lymphovascular invasion) dan prediktor imunohistokimia (IHK). Namun prediktor-prediktor tersebut masih banyak meninggalkan masalah yaitu belum bisa secara tepat memprediksi respons kemoterapi.

Oleh karena itu, Bachtiar mencoba melakukan penelitian terhadap Biomarker seluler EMT yang terlibat dalam patogenesis dan progresitas kanker payudara yaitu masing-masing protein Vimentin, E-cadherin, CD44 dan CD24 yang mempunyai potensi untuk dijadikan prediktor respon kemoterapi secara sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama. Protein tersebut bisa dijadikan sebagai satu model prediktor yang lebih tepat untuk memprediksi respons kemoterapi.

Disertasi Mochamad Bachtiar diujikan di sejumlah tim dosen penguji, yaitu Dr. dr. Desak Suprabawati, SpB (K) Onk, Prof. Dr. dr. Koeswarini Handono, Mkes, SpPK(K), dan Dr. Ir. Solimun, MS, SEM pada Kamis (26/7/2018). [Oky Dian/Humas UB]

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID