Prasetya Online

>

Berita UB

Disertasi Irit Suseno, S.H,. M.H.

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh oky_dian pada 26 Juni 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 273

Irit Susesno Bersama Promotor dan Co Promotor
Irit Susesno Bersama Promotor dan Co Promotor
Indonesia telah mengatur campur tangan negara secara langsung dalam bidang ekonomi dalam konstitusi melalui dibentuknya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terwujud dalam PERSERO,PERUM, dan PERJAN. Namun demikian, setelah diukur dengan Pasal 33 UUD 1945 sebagai landasan konstitusional keberadaan BUMN, ternyata ada ketidak selarasan mengenai bentuk BUMN yang bidang usahanya menguasai hajat hidup orang banyak.

Berangkat dari fakta hukum tersebut, Irit Suseno mengangkat judul disertasi "Rekonstruksi Hukum Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang Bidang Usahanya Menguasai Hajat Hidup Orang Banyak". Dengan pokok permasalahan bagaimana bentuk hukum ideal BUMN yang bidang usahanya menguasai hajat hidup orang banyak yang selaras dengan Pasal 33 alinea IV Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945.

Dalam disertasi tersebut hadir Prof. Dr. Sudarsono, S.H. M.S., (Promotor I), Prof. A. Mukhtie Fadjar, S.H., M.S (Ko-Promotor 1), Dr. Sihabudin, S.H.,M.H. (Ko-Promotor 2), Dr. Moh.Fadli S.H., M.H (Penguji 1) Dr. Tunggul Anshari Setia Negara S.H., M.Hum (Penguji 2), Dr. Siti Hamidah, S.H., M.M (Penguji 3), Dr. Shinta Hadiyantina, S.H., M.H (Penguji 4), dan Prof. Dr. L. Budi Kagramanto,S.H., M.H.,M.M. (Penguji Tamu dari Universitas Airlangga).

Berdasarkan analisis kritis Irit Suseno dengan menggunakan logika berfikir deduktif, ditemukan bahwasannya bentuk ideal BUMN yang bidang usahanya menguasai hajat hidup orang banyak adalah PERUM. Hal ini dikarenakan PERUM menurut Pasal 1 angka 3 Undang-Undang nomor 19 tahun 2003 adalah BUMN yang seluruh modalnya dimiliki negara dan tidak terbagi atas saham, yang bertujuan untuk kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan sekaligus mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan. Dengan demikian, BUMN dapat berbentuk perum yang tujuan utamanya tidak mencari keuntungan, tetapi lebih kepada pelayanan masyarakat untuk menjamin kesejahteraan sosial.

Dosen Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya ini berhasil mempertahankan disertasinya, dan lulus dengan menyandang predikat A (sangat memuaskan).

 "Selamat kami sampaikan kepada Bapak Irit Suseno, kami berharap dengan suksesnya hasil ujian akhir disertasi ini, bapak dapat mengamalkan ilmunya dibidang hukum secara maksimal, dan  dapat terus mengabdikan diri di Fakultas Hukum Untag," kata Mukhtie Fadjar menyampaikan. (Vida/Humas UB)

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID