Prasetya Online

>

Berita UB

Diklat Pembekalan LKTM Program Ilmu Sosial

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 25 Februari 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 2278

Program Ilmu Sosial (PIS) Universitas Brawijaya, selama dua hari 25-26 Februari 2005 menyelenggarakan Diklat Pembekalan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM). Hal ini didasari pemikiran bahwa untuk meningkatkan kompetensi, mahasiswa perlu dibekali dengan kemampuan mengkaji dan menganalisis berbagai realitas sosial dalam bentuk penulisan ilmiah. Secara khusus kegiatan ini dimaksudkan guna mempersiapkan mahasiswa dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah 2005 di Universitas Brawijaya.
Kegiatan diikuti oleh lebih dari separuh mahasiswa Program Ilmu Sosial, yang notabene baru 2 angkatan. Diselenggarakan oleh Bagian Kemahasiswaan Program Ilmu Sosial, diklat ini berlangsung di Gedung Kuliah Bersama.
Kegiatan bertema "Meningkatkan Kepekaan Sosial Mahasiswa sebagai Wujud Tanggung Jawab sebagai Ilmuwan dalam rangka Ikut Berpartisipasi dalam Pembangunan Nasional" ini menghadirkan beberapa pemateri lokal di antaranya: Ir. Edy Susilo MS; Prof. Dr. Ir. Keppi Sukesi MS; Prof. Dr. Ir. Sugiyanto MS; Dr. Ir. Darsono Wisadirana, MS; Akhmad Muwafik SSos MSi, dan Ruminingsih, mahasiswa Unibraw pemenang LKTM tahun 2004. Materi yang diberikan meliputi: teknik membuat karya ilmiah inovatif dan pengembangan kreativitas mahasiswa, teknik penelusuran pustaka, desain penelitian, teknik analisis dan penyusunan laporan karya tulis ilmiah serta teknik penulisan dan presentasi LKTM (sharing pengalaman).
Mengingat jumlah dosen yang ada baru 9 orang, dan mahasiswa yang ada baru dua angkatan, Ketua Program Ilmu Sosial, Dr. Ir. Darsono Wisadirana MS, mengharapkan adanya kerja sama serta dukungan proaktif dari semua pihak guna mewujudkan tema tersebut di atas. Namun demikian, menurut Darsono, "Ini menunjukkan bahwa Program Ilmu Sosial memiliki semangat untuk menunjukkan eksistensi dirinya, walaupun keberadaannya masih seumur jagung". Ditambahkan Muwafik SSos MSi, Sekretaris Pelaksana kegiatan, bahwa melalui kegiatan ini diharapkan mampu menstimulus motivasi mahasiswa untuk lebih peka terhadap realitas sosial untuk diangkat dalam tema penelitian baik sosiologi maupun komunikasi. Dari sini maka dengan sendirinya akan dapat ditumbuhkan kompetensi mahasiswa tentunya dengan perjuangan yang tak mengenal lelah. [nok]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID