Prasetya Online

>

Berita UB

Diklat Kedispilinan dan Wawasan Kebangsaan Vokasi UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 26 Januari 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 7191

Simulasi PBB yang benar
Simulasi PBB yang benar
Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya (Vokasi UB) bekerjasama dengan Resimen Induk Kodam (RINDAM) V Brawijaya Malang mengadakan "Diklat Kedispilinan dan Wawasan Kebangsaan" bagi mahasiswa angkatan 2011 tahun akademik 2011/2012 selama enam hari (23-28/1). Kegiatan yang diikuti sebanyak 300 orang mahasiswa ini dimulai pada Senin sore (23/1) dengan penjemputan mahasiswa oleh Tim RINDAM V Brawijaya di Vokasi UB.
Pada Selasa (24/1) mahasiswa mengikuti beberapa rangkaian acara seperti  training motivasi untuk menumbuhkan semangat, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Materi Wawasan Kebangsaan. Komandan Letnan Kolonel Arm Rakidu menyampaikankepada PRASETYA Online bahwa dirinya sangat senang menerima mahasiswa Vokasi UB bisa mengikuti pelatihan kedisiplinan dan wawasan kebangsaan di RINDAM V Brawijaya.
"UB merupakan satu-satunya universitas yang menjalin kerjasama dengan RINDAM V Brawijaya dalam pelatihan seperti ini, biasanya perusahaan BUMN dan  beberapa lembaga pemerintahan," paparnya.
Untuk menumbuhkan kedisiplinan  pada mahasiswa, Tim RINDAM menyiapkan serangkaian acara seperti Peraturan Baris Berbaris, Wawasan Kebangsaan dan Wawasan Pancasila.
"Kedisipilinan sangat penting untuk mahasiswa ketika mereka sudah terjun di tengah-tengah masyarakat," jelasnya.
Selain itu, mahasiswa akan mengikuti beberapa kegiatan di hari-hari selanjutnya seperti; Outbond, Manajemen Qalbu, Pengetahuan Narkoba dan Sosial Intelegent.
Rakidu juga memaparkan selama berada di RINDAM, mahasiswa harus bisa berdisiplin mulai bangun pagi, merapikan selimut , menata kasur, sarapan tepat waktu dan mengikuti kegiatan penyampaian materi ruangan.
"Hal ini akan melatih tingkat kedisiplinan mahasiswa dalam menjalani rutinitas hidupnya ketika di kampus," pungkasnya.
Kegiatan seperti ini diharapkan bisa membentuk karakter mahasiswa untuk memiliki rasa kedisiplinan dan rasa kepedulian terhadap tugas dan sesama manusia.
Doni Arifin Wicaksono salah satu peserta pelatihan mengungkapakan kegiatan ini sangat baik untuk menumbuhkan kedisiplinan.
"Hal ini saya rasakan setelah sehari berada disini, saya bisa lebih disiplin dan bergerak cepat dalam melakukan tugas-tugas yang diberikan," ungkap mahasiswa jurusan Design 2011 itu kepada PRASETYA Online.
Doni juga mengungkapakan kegiatan pelatihan ini tidak membosankan karena selain mendapatkan materi di dalam ruangan peserta juga mendapatkan materi  di luar ruangan seperti kegiatan PBB maupun Outbond.
"Kami berharap dengan pelatihan ini bisa menjadikan diri lebih disiplin lagi dalam menjalani aktifitas di kampus," pungkasnya. [arr]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID