Prasetya Online

>

Berita UB

Dies Natalis ke-48, Penanggungan Jadi Pilot Project SIMAKEL

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh humas1 pada 21 Februari 2011 | Komentar : 0 | Dilihat : 6895

Presentasi SIMAKEL oleh tim teknologi informasi FT
Presentasi SIMAKEL oleh tim teknologi informasi FT
Sebagai rangkaian Dies Natalis Universitas Brawijaya (UB) ke 48, Fakultas Teknik (FT) melakukan pengabdian masyarakat di Kelurahan Penanggungan kota Malang, Rabu (26/1). Kelurahan yang merupakan tetangga UB ini menjadi pilot project Simakel (Sistem Informasi Manajemen dan Administrasi Kelurahan). Dekan FT UB Prof Ir Harnen Sulistio MSc PhD melakukan peresmian Simakel yang juga dihadiri oleh Sekretaris Camat Klojen Imam Badar, dan Lurah Penanggungan M Fakihudin itu.

Pada kesempatan itu Imam Badar menyampaikan bahwa fasilitas ini bermanfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat kelurahan. Pihaknya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada UB atas pengabdian masyarakat yang dilakukan. Selain itu diharapkan pengabdian ini juga dilakukan di kelurahan se-Kecamatan Klojen dan bila dimungkinkan diterapkan di seluruh kelurahan di Kota Malang.

Sementara itu Prof Harnen Sulistio menyampaikan agar fasilitas ini benar-benar didukung oleh semua pihak dan dimanfaatkan secara maksimal oleh pihak kelurahan. Tidak menutup kemungkinan pihak UB akan menjadikan Simakel sebagai pusat studi dan riset bagi mahasiswa dan dosen.

Tentang Simakel

Simakel merupakan program pengabdian masyarakat untuk memfasilitasi kebutuhan manajemen dan operasional kelurahan. Sistem yang dibangun dalam kurun waktu lima bulan oleh Jurusan Teknik Informatika FT UB itu bersifat terpadu. Dengan mengintegrasikan operasi-operasi dalam administrasi kelurahan yang saat ini masih dijalankan secara manual atau terkomputerisasi terbatas, Simakel dapat menjawab kelemahan-kelemahan yang sering dijumpai. Simakel didukung oleh basis data yang menyimpan data-data administrasi kelurahan dan dapat diakses secara cepat, tepat dan akurat.

Fitur-fitur Simakel meliputi 1) Sekretaris, yang digunakan untuk melakukan verifikasi SPJ data keuangan, akses data untuk pemerintahan, administrasi keuangan dan gaji pegawai, inventarisasi dan info lainya terkait layanan publik secara berkala. 2) Seksi pemerintahan, ketentraman & ketertiban umum. Fasilitas ini digunakan untuk melakukan penyusunan monografi, laporan kejahatan & pelanggaran, pengurusan ijin usaha, dan mengurus ijin mendirikan bangunan. 3) Seksi pelayanan umum. Fasilitas ini dipakai untuk mengurus KTP, KSK, surat keterangan umum, surat kelakuan baik untuk kepolisian, legalisir surat dan perpindahan penduduk. 4) Seksi pemberdayaan masyarakat & pembangunan. Fasilitas ini digunakan untuk profil kelurahan. 5) Seksi kesejahteraan masyarakat. Fasilitas ini digunakan untuk mencatat keterangan kelahiran dan kematian, keterangan pernikahan, monitor kerawanan sosial, wabah penyakit dan kesehatan masyarakat serta masalah kesejahteraan sosial.[nun]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID