Prasetya Online

>

Berita UB

Bunda Zaman Now Harus Melek Teknologi

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafisip pada 09 Maret 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 711

Siaran radio Maulina Pia Wulandari di mas FM
Siaran radio Maulina Pia Wulandari di mas FM
Maulina Pia Wulandari, Ph.D, dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya, menjadi narasumber dalam program Inspirasi Pagi Radio Mas FM dalam edisi International Women's Day yang diperingati pada 8 Maret setiap tahunnyaDalam obrolan tersebut dosen yang akrab dengan panggilan Pia ini menyatakan bahwa Bunda saat ini memiliki peran yang luar biasa. Di samping fasilitas yang ada semakin banyak, tantangan yang dihadapi pun semakin berat.

Dibandingkan dengan zaman dahulu, Bunda zaman sekarang dapat mengekspresikan dirinya dengan lebih mudah. Banyaknya saluran informasi, tempat untuk nongkrong, kebebasan dan kesempatan bekerja yang semakin besar merupakan beberapa hal positif yang dapat dimanfaatkan oleh wanita saat ini.

Namun seiring kesibukan yang dimiliki, Bunda saat ini lebih sering menitipkan anak kepada orang tua. Kemudahan dalam beraktifitas kadang mengakibatkan concern terhadap diri sendiri menjadi lebih besar.

Dalam program selama 30 menit tersebut Pia menjelaskan kemajuan teknologi harus dapat digunakan para Bunda untuk mengembangkan diri mereka ke arah yang lebih baik. Bunda juga harus melek teknologi untuk dapat mengimbangi dan mengawasi anak-anaknya.

"Anak-anak sekarang itu pemikirannya lebih kritis, volume otaknya juga lebih besar dibanding anak-anak jaman dahulu. Oleh karena itu, seorang Bunda harus banyak belajar untuk mengimbanginya," ujarnya.

Kemajuan teknologi juga dapat dimanfaatkan para Bunda untuk membuka peluang usaha. Salah satunya adalah Instagram. Selain digunakan untuk berbagi foto sehari-hari, Instagram juga dapat digunakan untuk berjualan produk yang dapat membantu pendapatan keluarga. Media seperti Youtube juga dapat digunakan para Bunda untuk mencari tutorial-tutorial apapun yang dapat mengembangkan diri.

Saat ditanya apakah ia termasuk Bunda Zaman Now, Pia menjawab meskipun telah melek teknologi, ia mengaku masih menerapkan aturan-aturan klasik. Di samping itu, Pia mengkhususkan Sabtu dan Minggu sebagai waktu untuk keluarga.

Pia juga menyarankan agar setiap pasangan suami-istri memiliki waktu berdua tanpa anak. Meskipun hanya meluangkan sedikit waktu, hal tersebut dapat menambah kedekatan dan keharmonisan keluarga.

Pada akhir program, Pia memberikan beberapa tips untuk Bunda Zaman Now. Hal yang paling utama adalah harus melek teknologi. Setelah itu harus menjadi pribadi yang enak untuk diajak sharing dan memosisikan diri sebagai teman bagi anak. Selain itu harus peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Hal yang tak kalah penting lagi adalah Bunda saat ini harus dapat memberdayakan dirinya, paling tidak harus menambah kepandaian untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di dalam keluarga. Terakhir, seorang Bunda harus memiliki komitmen dan tanggung jawab atas apa yang dilakukannya. [Lita/Humas FISIP/Humas UB]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID