Prasetya Online

>

Berita UB

Buku Format e-Pub Memudahkan Tuna Netra Membaca

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh siti-rahma pada 31 Agustus 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 429

Perkembangan teknologi saat ini membantu tuna netra mengenal dunia, salah satunya melalui buku, seperti buku braile, buku audio digital, dan buku dalam format e-pub yang dapat dibaca dengan komputer maupun telepon pintar. Telepon pintar mestinya tidak hanya digunakan untuk mencari kesenangan tapi juga meningkatkan kualitas hidup penggunanya.

Demikian disampaikan Aria Indrawati, Ketua DPP Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) saat membuka kegiatan Pelatihan E Pub, Sabtu (26/08/2017) di Universitas Brawijaya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Studi dan Layanan Disabilitas UB, Yayasan Damandiri dan Pertuni. Kegiatan ini diikuti oleh 120 penyandang tuna netra di Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Aria berharap penyandang tuna netra bukan hanya menjadi objek pembangunan tapi juga sebagai subjek pembangunan. Oleh karenanya ia mengapresiasi UB yang telah membuka kesempatan bagi penyandang tuna netra untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. Ia yakin dengan adanya buku dalam format e pub yang disediakan PSLD bisa membantu mahasiswa tuna netra memahami materi lebih mudah.
Selanjutnya, ketua PSLD UB Fadillah Putra PhD menyampaikan, munculnya buku dalam format e pub akan memberikan kemudahan bukan hanya bagi mahasiswa disabilitas tapi juga pendamping di UB. Karena selama ini menggunakan buku digital yang proses digitalisasi dilakukan secara manual oleh tim PSLD.

Di kesempatan tersebut ia menyampaikan dari 14 mahasiswa tuna netra di UB, 2 orang telah lulus dengan IPK diatas 3.00. Mahasiswa-mahasiswa tersebut berasal dari FIB, FIA, FISIP, FH. [siti-rahma/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID