Prasetya Online

>

Berita UB

Bina Lingkungan di Masyarakat Sekitar UB Forest Mahasiswa Magister Biologi

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh denok pada 25 Januari 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 1448

Rumah baca, salah satu program bina lingkungan mahasiswa Magister Biologi
Rumah baca, salah satu program bina lingkungan mahasiswa Magister Biologi
Program Studi Magister Biologi FMIPA Universitas Brawijaya (UB) telah melaksanakan kegiatan bina lingkungan di masyarakat sekitar UB Forest, Dusun Sumbersari, Desa Tawangargo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Jumat-Minggu (19-21/01/2018). Dusun Sumbersari sendiri memiliki 28 kepala keluarga yang hampir seluruhnya berprofesi sebagai buruh tani di UB Forest.

Menurut Nia Kurniawan, D.Sc., sebagai Ketua Program Studi Magister Biologi, kegiatan tersebut merupakan wujud pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang salah satu poinnya menekankan pada pengabdian masyarakat. Adapun pelaksana dari kegiatan tersebut adalah mahasiswa program magister sejumlah 37 orang.

Bertindak sebagai ketua pelaksana, Ika Yuni Agustin, S.Hut., mengatakan, "Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari 6 program kerja. Program kerja tersebut meliputi wildlife photography, pembuatan kompos dari daun kopi dan pupuk kandang, penyuluhan dan konsultasi kesehatan, menghidupkan kembali rumah baca masyarakat, serta bazar baju dan sembako murah. Kami berharap proker-proker tersebut membawa manfaat, baik jangka menengah maupun jangka panjang, bagi masyarakat Dusun Sumbersari."

Wildlife photoghaphy, terdiri dari dua kategori yaitu fotografi anggrek dan burung liar di UB Forest, diikuti oleh 27 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menginventarisasi keberadaan burung dan anggrek liar di UB Forest. Sementara itu, masyarakat di Dusun Sumbersari juga memberikan respon positif atas terselenggaranya kegiatan bina lingkungan ini. Hal itu terbukti dari antusiasme warga saat acara penyuluhan kesehatan yang menghadirkan dr. Nia Kurnianingsih, M.Biomed (FK UB) dan bazar murah. Salah seorang warga menuturkan sangat bahagia dengan adanya kegiatan penyuluhan dan konsultasi kesehatan gratis mengingat Dusun Sumbersari ini terletak di lereng Gunung Arjuno dan jauh dari jangkauan fasilitas kesehatan. [Lilin/Humas UB]

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID