Prasetya Online

>

Berita UB

Berbagi Ilmu Survival di Latgabnas Pramuka IV

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 19 September 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 6654

Berbagi Ilmu Survival di Acara Latgabnas IV
Berbagi Ilmu Survival di Acara Latgabnas IV

Menginjak hari ketiga kegiatan Latihan Gabungan Nasional (LatGabNas) Pramuka IV yang dipusatkan di bumi perkemahan Lebakharjo , pada Selasa (18/9) diisi dengan acara penyampaian 10 materi survival. 10 materi itu diantaranya adalah materi tentang makan dan toga (tanaman obat keluarga), Mountainering, Manajemen Perjalanan, Api dan Air, Kesehatan Lapangan, Peta Kompas, SAR, Bivak dan Teknlogi Tepat Guna (TTG).

Dalam menentukan makanan yang bisa dikonsumsi selama di hutan bisa menggunakan teknik melihat warna buah. Apabila warna buahnya mencolok dan getahnya terasa gatal maka itu berbahaya sehingga tidak bisa dimakan.

“Penyampaian materi dilakukan oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi sehingga terjadi saling tukar menukar ilmu,” papar Ketua Pelaksana Lukmanul Hakim.

Lukman berharap Latgabnas IV ini bisa menjadi ajang pembinaan karakter untuk peserta dan menjadikan mereka lebih akrab lagi.

“Kegiatan ini bukan dijadikan sebagai perlombaan tetapi lebih kepada saling berbagi ilmu,” tutur mahasiswa pertanian itu.

Lukamn juga berharap kegiatan Latgabnas ini bisa menjadi salah satu kado untuk ulang tahun emas UB yang ke 50.

“Semoga acara ini juga bisa menyolidkan dan melatih teman-teman racana brawijaya yang baru dalam kegiatan kedepannya,” pungkas mahasiswa angkatan 2009 itu.

Sebelumnya para peserta Latgabnas mengikuti acara “Jika Aku Menjadi”. Konsep seperti di acara sebuah stasiun televisi ini melibatkan peserta untuk berperan menjadi masyarakat disana, seperti mengurus kebun, mengecat rumah dan pekerjaan lain.

“Hal ini merupakan salah satu cara peserta untuk terjun ke masyarakat,” pungkasnya. [rian]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID