Prasetya Online

>

Berita UB

Beras Analog "Betul"Antarkan Mahasiswa Fapet Juara 3 Nasional

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dietodita pada 21 April 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 554

MISEKTA FP UB Raih Juara Tiga Tingkat Nasional
MISEKTA FP UB Raih Juara Tiga Tingkat Nasional
Dewasa ini populasi penduduk di Indonesia semakin bertambah yang menyebabkan jumlah konsumsi meningkat pula. Produksi beras sebagai salah satu makanan pokok menurun akibat gagal panen. Menilik latar belakang permasalahan tersebut mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) UB menciptakan beras analog "Betul" (Beras Natural) sebagai makanan subtitusi. Produk gagasan Fajar Rifa'i, Mohammad Lutfi Alibi, dan Lanny Julistian A ini berbahan baku singkong, kulit pisang, dan jagung.

Dibawah asuhan dosen Achadiah Rachmawati, S.Pt. M.Si, mereka berhasil meraih juara 3 dalam ajang Business Plan Agrifest "MISEKTA". Kegiatan tersebut merupakan kompetisi bisnis antar mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Hassanudin (Unhas). Mengangkat tema "Ketahanan Pangan Berbasis Singkong" kegiatan yang dilaksanakan pada 13-16/04/2017, bertujuan untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur generasi muda di bidang agribisnis.

Produk ciptaan mahasiswa angkatan 2014 ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan beras pada umumnya, karena kandungan antioksidan pada kulit pisang, singkong, dan jagung. Ketua tim, Fajar Rifa'i memaparkan bahwa harapannya dengan adanya Betul diharapkan mampu mengantisipasi kelangkaan padi di wilayah tertentu. [ins/est/dta/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID