Prasetya Online

>

Berita UB

Beragam Kontes Hewan dalam Veterinary Festival

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 15 Agustus 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 1606

Penilaian Kontestan Cat Show dalam Veterinary Festival
Penilaian Kontestan Cat Show dalam Veterinary Festival
Salah satu kegiatan dalam rangkaian Veterinary Festival adalah diselenggarakannya Brawijaya Cat Show 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus Dieng, Universitas Brawijaya pada Sabtu (12/08/2017).

Malinda Irawan, Koordinator panitia mahasiswa, menjelaskan jumlah peserta untuk Cat Show kurang lebih sebanyak 76 ekor kucing, sedangkan untuk Cat Fun sejumlah 25 ekor kucing. Selain itu juga ada kompetisi foto yang diikuti oleh 12 peserta, dan kompetisi makan terbanyak sejumlah sembilan ekor kucing.

Peserta lomba, jelas Malinda, terbagi dalam beberapa kategori terdiri dari kategori kucing eksotis, exhibition, house cat, persian dan domestik. Hadir sebagai dewan juri dalam Cat Show adalah E.Suherli (Okto). Penilaian dewan juri, menurut Malinda terdiri atas bentuk badan, warna bulu, kepala, ekor dan ekspresi. "Pada lomba Eat Fast, peserta akan ditantang untuk lomba makan terbanyak, dinilai dari berat pakan sebelum dan setelah lomba. Sedangkan untuk Cat Race, kucing akan lomba lari melewati lintasan", jelasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh penghobi kucing se-Jawa Timur. "Tidak hanya individu, tapi juga komunitas. Pemenang akan mendapatkan piala, rosette, sertifikat dan door prize," pungkasnya.

Pemenang Juara 1 piala rektor UB dalam kontest ini dimenangkan notary cattery dengan kucing yang bernama topaz ras persian yang diserahkan langsung oleh Rektor UB Bapak Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS.

Tidak hanya kompetisi kucing, dalam ajang ini juga ada Kontes Burung yang memperebutkan Piala Rektor serta Kontes Reptil Nasional.

Pada kontes burung Juara 1 Kelas Piala Wakil Rektor dimenangkan oleh burung bernama “satu jiwo” termasuk katagori jenis cendet, dengan pemilik Asdiansyah. Sedangkan pemenang kontes reptil nasional jatuh pada katagori ular ras colubrid dengan nama ownernya cresy berasal dari sidoarjo

 

Bersamaan dengan itu juga ada Talkshow Interaktif dengan menghadirkan Rektor UB, Prof. Dr. Ir. M. Bisri, MS sebagai narasumber bersama drh. M. Piter Kombo selaku Manajer Taman Burung Taman Reptil Taman Mini Indonesia Indah.

Selain berbagai lomba tersebut, adapula Tes DNA Jenis Kelamin Burung di Laboratorium Animal Diseases Diagnostic di Rumah Sakit Hewan Pendidikan UB dengan menggunakan bulu burung Macaw sebagai sampel. Melalui rangkaian kegiatan ini, Rektor berharap agar semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan RSHP. "Masyarakat sudah banyak yang memiliki hewan peliharaan sebagai salah satu kebutuhan, sehingga hewan-hewan tersebut harus dijaga kesehatannya", pungkasnya. [vicky dan Andi/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID