Bekerjasama dengan University of Warwick, UB lolos program Erasmus Plus 2019-2022

Dikirim oleh prasetyaftp pada 09 Agustus 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 316

Dari kiri k kanan: Dr Adipandang Yudono, Dr Erryana Martati, Dr Irnia Nurika, Dr. Christia Meidiana, Dr. Surjono
Dari kiri k kanan: Dr Adipandang Yudono, Dr Erryana Martati, Dr Irnia Nurika, Dr. Christia Meidiana, Dr. Surjono
Kerjasama UB dengan University of Warwick (UoW) dimulai sejak tahun 2015, dan diperkuat dengan adanya MOU tahun 2017
.

Beberapa project application dalam kurun waktu setahun sudah dibuat bersama antara UB dan UoW dan saat ini kegiatan yang berhasil di danai oleh European Commission adalah Program Erasmus Plus: Capacity building in the field of higher education, dengan topik kegiatan “Enabling Humanitarian Attributes for Nurturing Community-based Engineering (ENHANCE)”.

Proposal kegiatan ini dibuat pada saat salah satu dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) melakukan program Staff Academic Mobility and Exchange (SAME) dari kementerian RISTEKDIKTI pada bulan Agustus sampai Desember 2017 lalu di University of Warwick. Mendapatkan tawaran dari Warwick School of Engineering, Irnia Nurika,PhD (sebagai koordinator pelaksana kegiatan Erasmus Plus), menggandeng beberapa dosen dari Fakultas Teknik: Dr. Surjono, Dr.tech Christia Meidiana, dan Adipandang Yudono PhD serta Dr Erryana Martati dari FTP. Kegiatan ini berhasil didanai selama tiga tahun (2019-2022). Nantinya UB akan bekerjasama dengan tim dari ITB dan UGM serta dua Universitas dari Eropa (UK dan Yunani) dan dua dari South-East Asia (Vietnam dan Bangladesh).

Melalui program ini, University of Warwick sebagai team leader yang merupakan pioner dalam memperkenalkan dan mengembangkan bidang ilmu Humanitarian Engineering  memberikan kepercayaan kepada universitas terpilih di negara mitra dalam tim Erasmus Plus untuk bekerjasama dengan tim dari Uni Eropa meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, mengembangkan program pendidikan baru dan inovatif, memodernisasi sistem pendidikan tinggi melalui kebijakan reformasi serta mendorong kerjasama di berbagai wilayah dunia melalui inisiatif bersama.

Selain bekerjasama dengan University of Warwick melalui Program Erasmus Plus, Irnia Nurika,Ph.D yang beberapa waktu lalu juga diundang oleh The Royal Academy of Engineering (London – Inggris) untuk memberikan presentasi pada simposium “Frontiers of Engineering for Development: Circular Economy”, juga kembali terlibat dalam penyusunan proposal penelitian berkolaborasi dengan  University of Warwick dan Birmingham City University, bersama dosen TIP FTP lainnya, yaitu Sri Suhartini,PhD dan Dr.tech Christia Meidiana  dari FT UB.

Proposal penelitian yang disubmit pada Juli 2018  bertopik “Industrial Biotechnology and Bioenergy in the developing world” mendapat sumber dana dari Biotechnology and Biological Sciences Research Council – United Kingdom (BBSRC-UK).

Lebih jauh lagi tim peneliti dari UoW Dr.Guy Barker dan Prof.Tim Bugg serta peneliti dari Warwick Manufacturing Group (WMG) akan melakukan kunjungan kembali ke UB dalam waktu dekat untuk memperkuat kerjasama yang sedang dan akan dilakukan pada tahun-tahun mendatang. Besar harapan keterlibatan UB dalam kegiatan-kegiatan ini akan menaikkan elektabilitas UB dalam kancah nasional dan internasional. [Irnia/Humas UB]