Prasetya Online

>

Berita UB

Bakal Calon Rektor UB Jalani Rangkaian Test Kesehatan

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dimaspam pada 08 Februari 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 885

Bakal Calon Rektor menjalani tes kesehatan jasmani melalui treadmill
Bakal Calon Rektor menjalani tes kesehatan jasmani melalui treadmill
Seteleh lolos seleksi administrasi, ke empat Bakal Calon Rektor UB yakni Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS; Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS, mengikuti tahapan tes kesehatan yang merupakan rangkaian agenda Pemilihan Rektor (PILREK) UB 2018. Tes kesehatan dilaksanakan selama tiga hari mulai Selasa-Kamis (6-8/2/2018) bertempat di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang untuk Psikotes dan Tes Kesehatan sedangkan untuk Tes Narkoba dilakukan BNN di Gedung Balai Senat UB.

Tim Kesehatan PILREK UB dr. Samsul Arifin mengatakan rangkaian tes kesehatan di PILREK UB ini terdiri atas tes psikologi dan psikatri di hari selasa yang gunanya untuk menilai analisa karakter dan status mental para Bakal Calon Rektor UB ini. Beliau menegaskan tidak ada persiapan khusus kepada para peserta tapi dr. Samsul mengharap agar para Bakal Calon Rektor tidak terlalu stress dan begadang di hari sebelumnya karena tahap psikotes ini membuthkan waktu sekitar 6-8 jam.

“ Untuk sesi tes kesehatan jasmani ada tes jantung lewat treadmill, tes Thorax, tes Mata, THT, Cek Darah dan Gula. Para Bakal Calon Rektor harus berpuasa sehari sebelumnya agar mendapatkan nilai yang valid saat cek darah dan gula,” lanjut dr. Samsul.

Psikotes para Bakal Calon Rektor
Psikotes para Bakal Calon Rektor
Sedangkan tahapan terakhir adalah tes narkoba dan psikotropika oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang. Sampel yang akan diambil adalah urine dengan pengetesan di 6 parameter yakni AMP, METH, THC, COC, OPIAT/MOP, BZO. Kepala BNN Kota Malang Ir. Bambang Sugiharto, M.Si menjelaskan bahwa dengan kondisi usia para calon rektor yang sudah diatas 50 tahun tentu ada yang mengkonsumsi obat dari dokter yang teriindikasi saat tes tentu akan diberi toleransi.

“Dengan tes ini kami dari pihak BNN berharap semua sivitas akademik baik dosen, karyawan khususnya mahasiswa yang banyak terkena narkoba menjadi lebih concern dengan pemberantasan narkoba karena calon rektornya aja ikut tes dan semoga semua negatif menggunakan narkoba bisa jadi acuan buat para sivitas akademika UB lainnya untuk meniru agar menjauhi narkoba,” ujar Ir. Bambang.

Selanjutnya hasil lengkap tes kesehatan akan diumumkan saat Rapat Senat UB Kamis (15/2/2018) tentang penetapan Bakal Calon Rektor yang nantinya akan melanjutkan ke tahap penyaringan.[dimas]Prof. Bisri menyerahkan sampel urine kepada BNN saat tes Narkoba
Prof. Bisri menyerahkan sampel urine kepada BNN saat tes Narkoba

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID