Prasetya Online

>

Berita UB

Bahas Kerjasama Akademik, UIN Antasari Banjarmasin Kunjungi UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 16 October 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 500

UIN Antasari Banjarmasin Kunjungi UB
UIN Antasari Banjarmasin Kunjungi UB
Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin mengadakan kunjungan ke Universitas Brawijaya, Jumat (12/10/2018). Kunjungan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran umum tentang UB dan mengajukan beberapa kerjasama di berbagai bidang.

Rombongan yang terdiri dari 6 orang ini dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd dan diterima secara resmi oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Perencanaan UB, Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati, MS di Gedung Rektorat Lantai 7.

Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati, MS pada kesempatan tersebut menyambut baik atas kunjungan UIN Antasari ini dan menyampaikan bahwa UB sangat terbuka jika ada tawaran kerjasama. Ia menjelaskan beberapa program kerjasama akademik yang dapat dilakukan, antaralain melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, penjaminan mutu internal, program kembaran, gelar bersama, penugasan dosen senior sebagai pembina pada perguruan tinggi yang membutuhkan pembinaan, pertukaran dosen dan/atau mahasiswa, pemanfaatan bersama berbagai sumber daya, penerbitan berkala ilmiah, magang, penyelenggaraan seminar bersama dan lain - lain.

"Banyak yang bisa kita lakukan disini, misalnya join publikasi, join research,  KKN tematik, magang, atau Prodi dari UIN misalnya bisa transfer di UB, Islamic institution Joint Degree, dan lain - lain. Kalau kita melakukan kerjasama itu yang paling penting adalah implementasinya. Kolaborasi itu penting, kita bersama sama membuat kekuatan," kata Sasmito Djati.

Sementara Nida Mufidah menyampaikan bahwa UIN Antasari Banjarmasin sedang dalam tahap pengembangan kampus karena baru menginjak 1 tahun terjadi perubahan dari IAIN (Institut Agama Islam Negeri) menjadi UIN. Beberapa prodi yang ditawarkan tidak hanya Islamic Subject Institution saja melainkan akan membentuk prodi umum baru.

"Kami harus mengembangkan diri yang statusnya sudah menjadi universitas ini, tentu banyak sekali tantangan bagaimana menjadikan universitas kami menjadi besar. Jadi kami memilih ke UB yang kita tahu UB merupakan perguruan tinggi ternama. Kami ingin melihat Tridharma Perguruan Tinggi, pengembangannya dari segi pendidikan, penelitian dan juga pengabdian masyarakat, yang nantinya akan membuka wawasan kami lebih jauh," papar Nida.

Ia menambahkan, kedepan pihaknya akan membuat kesepakatan bersama dengan UB di bidang akademik dan berharap kampusnya dapat belajar bersama bagaimana strategi menjadi universitas yang tumbuh berkembang dan mengarah ke World Class University.

"Kalau sudah ada action kita tuliskan dalam pertemanan kelembagaan ini dalam bentuk MoU. Kami akan kirim mahasiswa untuk exchange programe, misalnya KKN disini, dan untuk pembelajaran kami punya S2 dan S3 yang dalam pembimbingan disertasi, kami akan mengambil pembimbing dari luar, seperti dari UB, yang tentu kami sesuaikan dengan prodi - prodi yang sejalan", imbuhnya.

Kegiatan kunjungan ini lebih banyak mengedepankan diskusi dan sharing. Selain itu, usai diskusi rombongan juga mengadakan kunjungan langsung ke bagian Kerjasama UB dan UPKK Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPKK). [Dinda/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID